Daerah ›› Maskati Nilai Pemkot Tak Mampu Atasi Persoalan Sampah

Maskati Nilai Pemkot Tak Mampu Atasi Persoalan Sampah


Ambon - Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Syaiful Al Maskati menilai hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon belum mampu mengatasi persoalan sampah di Kota Ambon, terlebih lagi menjelang digelarnya event Sail Banda pada Juli mendatang kondisi Teluk Ambon masih dalam kondisi yang memprihatinkan .

"Pemkot harus lebih serius menangani sampah di Kota Ambon, sebab bagaimana kita dapat berbicara banyak hal kalau walikota juga setiap saat hanya berbicara tentang meniru Singapura, padahal semua hanya akan menjadi percuma jika hal kecil seperti sampah saja tidak bisa diatasi dengan baik," Ungkap Maskati kepada Siwalima, di ruang kerjanya di Baileo Rakyat, Belakang Soya, Jumat (9/4)

Menurutnya, yang terpenting adalah kemauan pemkot ketika membuat aturan harus disertai dengan sanksi serta harus pula dibarengi dengan langkha-langkah sosialisasi yang lebih gencar lagi. Sebab, sosialisasi kalaupun pernah dilakukan, masih terlihat minim dan itupun berdampak pula pada minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah.

Ironisnya lagi, tambah Maskati, sangat disayangkan pada waktu yang sangat mendesak menyambut event yang besar seperti Sail Banda dan orang banyak akan datang ke Ambon dalam jumlah besar, namun kondisi Kota Ambon masih sangat kotor seperti ini.

"Teluk Ambon yang kita banggakan dan katanya akan menjadi Water Front City bukan hanya dipakai untuk menggelar beberapa kegiatan tetapi dengan jumlah kurang lebih 80 persen kegiatan pelaksaan Sail Banda di kota Ambon, maka tentunya banyak kegiatan yang akan dilaksanakan di Teluk Ambon bahkan ada pula berbagai kegiatan lain yang tak bersentuhan langsung dengan daerah Teluk Ambon," ujarnya.

Olehnya itu, kata dia pemkot punya kewajiban untuk membersihkan kota ini termasuk menyiapkan perangkat perda dan kemudian juga harus sanksi yang mengikat dalam melarang masyarakat untuk tak membuang sampah dengan sembarangan.

Ini juga sesenungguhnya bukan hanya persoalan pemkot semata tetapi juga merupakan persoalan masyarakat Kota Ambon secara menyeluruh, sebab start kesadaran dari semua pihak sangat dibutuhkan. (Mg-4)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon