Kesra ›› Maluku Masuk 16 Daerah Peluncuran Perdana Kartu GPN

Maluku Masuk 16 Daerah Peluncuran Perdana Kartu GPN


Ambon - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku bersama dengan pihak perbankan, secara resmi meluncurkan kartu gerbang pembayaran nasional (GPN) di Maluku, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (29/7).

Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku Bambang Pramasudi menjelaskan, Ambon atau Maluku masuk dalam 16 daerah yang mulai melaksanakan penukaran kartu berlogo GPN.

“GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan beberapa kanal pembayaran (Automated, Teller, Machinel ATM, Elektronik Data Capturing/EDC,dan lain-lain), yang memfasilitasi transaksi elektronik melalui sistem/infrastruktur antar switching saling terhubung dan instrumen yang saling dapat diterima di berbagai kanal pembayaran,” kelasnya.

Dikatakan, dengan GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

“Satu kartu GPN ini, bisa digunakan disemua ATM dan sangat nyaman serta menguntungkan bagi siapa saja yang menggunakan kartu yang berlambang burung Garuda ini,” ujarnya.

Menurutnya, kartu GPN ini juga sebenarnya sudah diluncurkan sejak Desember 2017 antara BI dengan bank-bank besar di Jakarta dan penukaran kartunya dimulai pada bulan Mei 2018 dan hari ini dilakukan secara serentak di 16 daerah termasuk Maluku didalamnya yang dilaksanakan di Ambon.

Ada 16 bank di Kota Ambon yang terlibat kegiatan launching katu GPN di Lapangan Merdeka saat ini, telah menyediakan sedikitnya 25 ribu kartu GPN untuk ditukarkan

Ditempat yang sama, Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Abdul Halim Datis, mengaku, BI dan perbankan telah menunjukan sinergitas mereka sehingga peluncuran GPN berjalan lancar, selain itu mereka juga tetap setia dalam tugas dan tanggungjawab bagi kepentingan nasional.

“Dengan adanya GPN diharapkan bisa meningkatkan perlindungan konsumen dengan pengamanan data transaksi dalam setiap transaksi, interaksi data dan juga sistem pembayaran dipastikan dapat pelayanan yang baik,” ujarnya.

Dijelaskan, GPN sudah menjadi tulang punggung, dukungan program pemerintah, di antaranya juga penukaran untuk transportasi publik, selain itu juga GPN diharapkan bisa meningkatkan keuangan dan pengembangan perdagangan termasuk juga kemungkinan terbukanya perdagangan antar pulau seperti kondisi wilayah Maluku yang terkenal dengan kondisi rentang kendali yang sangat luas. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon