Kesra ›› Maluku City Mall Hadir Untuk Jawab Pertumbuhan Ekonomi

Maluku City Mall Hadir Untuk Jawab Pertumbuhan Ekonomi


Ambon - Kehadiran Maluku City Mall yang dibangun di atas lahan bekas Rumah Sakit Otto Kuyk, Tantui, turut menjawab proses-proses pertumbuhan ekonomi di Provinsi Maluku dalam dimensi yang lain.

Pasalnya berbagai permasalahan di Kota Ambon secara khusus dan Maluku pada umumnya, terutama terkait dengan penyerapan tenaga kerja, terutama di kalangan pemuda dapat terjawab.

"Pembangunan Maluku City Mall yang akan dikerjakan bersama dengan PT. Duta Bhakti, merupakan salah satu wujud dari proses kemajuan pembangunan daerah yang sedang kita galakan terus," tandas Gubernur Maluku KA Ralahalu kepada watawan, disela-sela acara peletakkan batu pertama pembangunan Maluku City Mall, Senin (15/11).

Untuk diketahui pelatakan batu pertama pembangunan mall tersebut, dilakukan oleh Gubernur Maluku, sebelumnya Gubernur, kemudian disusul Walikota Ambon, MJ Papilaya, yang diwakili Asisten I Kota Ambon, Doland Soukotta serta Direktur Utama PT. Duta Bhakti, Wilhem Daniel Kurnala.

Peletakkan batu pertama pembangunan mall ini dilakukan setelah sebelumnya pada Jumat (1/10), bertempat di Kantor Gubernur telah dilakukan penanda tangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Maluku dan Direktur Utama PT. Duta Bhakti, yang disaksikan oleh Ketua DPRD Maluku, M. Fatani Sohilauw.

Pada kesempatan itu Ralahalu juga mengingatkan kepada pihak perusahaan agar seluruh proses pembangunan mall ini, harus dapat memperhatikan faktor-faktor lingkungan hidup, sehingga kawasan ini nantinya dapat dilengkapi dengan sumur resapan air yang merupakan salah satu standar bagi kesehatan lingkungan serta faktor kawasan hijau, sehingga keberadaannya benar-benar menyangga proses-proses filterisasi panas dan penguapan di kawasan ini.

"Saya pun berharap kepada semua pihak terkait, termasuk Pemerintah Kota Ambon, agar kawasan ini benar-benar di tata dalam rencana tata ruang wilayah secara terpadu, sehingga kawasan ini kelak dapat menjadi kawasan tumbuh kembang kota, yang turut menjadi solusi penanganan kemacetan dan kepadatan aktivitas perekonomian di dalam Kota Ambon," pintanya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, menyambut baik seluruh rencana pembangunan mall ini, dengan harapan, agar proyek ini dapat rampung sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

"Kami juga berharap agar fungsinya nanti dapat membantu pemprov dalam melakukan proses-proses perubahan di wilayah kota dan Provinsi, sehingga Ambon kembali menjadi Manise dan Maluku menjadi lebih maju lagi," tandasnya.

Ralahalu menambahkan, bangunan ‘Maluku City Mall' ini pada saatnya nanti akan menjadi salah satu icon bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Untuk itu, saya juga mengharapkan dukungan masyarakat sekitar agar kawasan dan fasilitas strategis seperti ini kita pelihara untuk kemaslahatan kita dalam arti yang luas," harapnya. (S-35)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon