Daerah ›› Malteng Siap Mekarkan 4 Kabupaten Baru

Malteng Siap Mekarkan 4 Kabupaten Baru


Ambon - DPRD Kabupaten Maluku Tengah berencana, memekarkan 4 kabupaten baru atau daerah otonomi baru (DOM) ke Pemerintah Pusat.

Empat wilayah yang rencana akan dimekarkan yakni, Kabupaten Pulau-pulau Lease, Kabupaten Jazira Leihitu, Kabupaten Seram Utara dan Kabupaten Banda.

“Jadi kita melakukan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk memekarkan 4 wilayah tersebut,” kata Ketua DPRD Malteng, Ibrahim Ruhunussa kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (11/7).

Dalam waktu dekat menurutnya, DPRD akan melakukan paripurna pengajuan 4 DOM baru di Kabupaten Maluku Tengah.

Ruhunussa mengaku, sementara melakukan proses persiapan administrasi sambil menunggu Pemerintah Pusat mencabut moratorium pemekaran wilayah

“Syarat sesuai Undang-Undang pemekaran kabupaten minimal 5 kecamatan, sedangkan untuk 4 kecamatan sudah memenuhi syarat. Dalam waktu dekat, kita akan mekarkan lagi sejumlah kecamatan di Jazira Leihitu, Banda dan Seram Utara serta Lease,” kata Ruhunussa.

Ditanya wacana pemekaran bukan hal baru, karena sudah sering dibicarakan dan belum terlaksana, Ruhunussa optimis dan pasti disetujui.

“Memutus rentang kendali yang panjang kita optimis usulan kita diterima,” tegasnya.

Ditambahkan, pemerintah daerah akan diundang awal Agustus untuk membahas bersama. “Kita berharap ini bisa terlaksana,” harapnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon