Politik ›› Lutfi Belum Pasti Dipasangkan dengan Richard

Lutfi Belum Pasti Dipasangkan dengan Richard


Ambon - Kendati baru mendaftar di DPC Partai Gerindra Kota Ambon, Lutfi Sanaky mengklaim sudah direko­mendasikan partainya itu mendam­pingi walikota incumbent Richard Louhenapessy.

Klaim Lutfi itu bahkan disam­paikan jauh sebelumnya partainya melakukan survei tingkat elekta­bilitas yang menjadi dasar acuan penetapan rekomendasi pencalo­nan calkada Kota Ambon.

Tak pelak pernyataan Lutfi itu mendapat tanggapan dari akar rumput Partai Gerindra. Apalagi kader Gerindra yang mendaftar sebagai balon wakil walikota bukan hanya Lutfi. Masih ada Irma Betaubun, yang juga memiliki pengaruh di internal partai.

“Jadi tidak benar Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Lutfi yang merupakan kader partai,” tandas Ketua PAC Baguala Ale­xander Tuwatanassy kepada Siwa­lima, Jumat (18/3) kemarin.

Menurutnya kader partai maupun non kader yang mendaftar di Gerindra memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi.

“Semua balon baik walikota mau­pun wakil yang mendaftar ke Ge­rindra harus melewati yang namanya uji kelayakan dan juga survei baru ditetapkan,” ungkapnya.

Dijelaskan, proses penjaringan dan penyaringan calkada sementara berlangsung sehingga jangan ada klaim diantara sesama kader sudah mengantongi rekomendasi.

“Kami memang menghargai ke­putusan dari DPP namun proses pen­jaringan harus dilalui oleh masing-masing calon sesuai meka­nisme yang ada. Bukan secara sepi­hak di tetapkan,” ungkap Tuwata­nassy.

Ia mengatakan, pernyataan Lutfi yang akan berpasangan dengan Richard Louhenapessy itu merupakan pendapat pribadi.

“Gerindra memiliki dua balon wakil walikota yaitu Irma dan Lufti. Walaupun tidak menutup kemung­kinan memprioritaskan kader partai tetapi belum final penetapan sehi­ngga masing-masing balon memiliki peluang yang sama,” katanya.

Sebelumnya Lutfi mengaku telah direstui Gerindra untuk berpa­sangan dengan Richard.

“Kalau saya tidak dipasangkan dengan Richard maka kenapa saya di dorong partai untuk mencalonkan diri sehingga saya tegaskan akan berpa­sangan dengan Richard di Pilkada Ambon tahun 2017,” tandasnya.

Ia juga mengaku bersama Richard telah menyiapkan visi dan misi untuk membangun Ambon.

“Ada konsep besar yang sudah kita siapkan untuk membawa Ambon lima tahun kedepan ke arah yang lebih baik dan arah politik kita sudah jelas harus kemana dan apa yang akan di lakukan di lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Kendati Richard menggandeng Lutfi, namun Ketua DPC Partai Ge­rindra Kota Ambon Phill Latu­mae­rissa sebelumnya telah menegaskan Gerindra tidak akan memberikan rekomendasi kepada kader maupun non kader sebelum melewati hasil survei maupun uji kelayakan.

Latumaerissa menegaskan walau­pun Lutfi dan Irma merupakan kader terbaik namun belum ada instruksi untuk memasangkan keduanya dengan Richard. “Saya tegaskan tidak ada instruksi yang menyatakan Partai Gerindra telah memasangkan kadernya de­ngan pasangan balon walikota di pilkada nantinya,” tandas Latu­maerissa kepada Siwalima di kantornya, Selasa (15/3).

Dikatakan, partai tetap kembali kepada mekanisme yang sudah diatur dalam proses pemilihan dan penetapan balon walikot maupun wakil walikota.

“Jadi tidak ada perlakuan khusus bagi kader maupun non kader karena hasil survei nantinya yang menentukan elektabilitas balon mana yang lebih tinggi barulah di usulkan untuk diberikan rekomendasi pencalonan oleh DPP,” katanya.

Menurutnya, DPC tidak pernah memasangkan balon dari kader partai dengan walikota incumbent karena proses masih berjalan.

“Kalau hasil survei menunjukan kader memiliki potensi yang kuat dibandingkan dengan non kader maka akan diusulkan ataupun sebaliknya. Jadi kita tunggu proses survei intenal dan juga uji kelayakan dan hasilnya itu baru dapat dikata­kan siapa yang pantas diusung oleh Partai Gerindra nantinya,” ungkap Latumaerissa.  (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon