Visi ›› Lulusan Perguruan Tinggi dan Semangat Wirausaha

Lulusan Perguruan Tinggi dan Semangat Wirausaha


Universitas Darusalam Kampus Wara, baru saja mewisudakan 527 lulusan. Jumlah itu menambah daftar lulusan Universitas Darusalam bertambah menjadi 11.844 orang.

Diantara ratusan lulusan terdapat 12 lulusan terbaik, yang mendapatkan kehormatan diwisudakan oleh Gubernur Maluku yang juga merupakan Ketua Pembina Yayasan Darusalam Maluku.

Bertambahnya lulusan perguruan tinggi swasta tersebut tentunya membuat jumlah pencari kerja setiap tahun semakin bertambah. Haruslah diingat tingkat pendidikan ternyata tidak memberikan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Kenyataan menunjukkan banyak pencari kerja yang bergelar sarjana.

Di sisi lain, lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas. Tingginya pencari kerja dan terbatasnya lapangan kerja yang tersedia mengakibatkan terjadinya pengangguran lulusan perguruan tinggi.

Kondisi ini diperkuat dengan pemahamansebagian besar lulusan perguruan tinggi yang cenderung menjadi pencari kerja daripada menciptakan lapangan kerja. Untuk itu, perlu mengubah pemahaman mahasiswa kita dari memasrahkan dirinya hanya sekedar karyawan, atau berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil, menjadi mahasiswa yang mempunyai pemahaman wirausaha.

Mengubah pemahaan memang tidaklah mudah. Dibutuhkan proses nyata dalam diri individu untuk berani mencoba dan berani menghadapi kegagalan. Tuntutan yang tinggi terhadap lulusan perguruan tinggi yang mempunyai pemahaman wirausaha menyebabkan perguruan tinggi harus segera melakukan perubahan orientasi sistem pembelajarannya.

Orientasi perguruan tinggi perlu diarahkan pada bagaimana menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa tersebut mempunyai jiwa dan mental berwirausaha, menciptakan lapangan kerja buat dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Selama ini terlihat hanya sebagian kecil saja perguruan tinggi yang peduli pada pentingnya kewirausahaan di kampus, padahal untuk merubah pemahaman mahasiswa dibutuhkan usaha keras terutama dari perguruan tinggi sebagai insan intelektual.

Dengan jiwa dan mental wirausaha diharapkan tingkat pengangguran lulusan perguruan tinggi dapat berkurang, dan bangsa akan maju berkat peran para wirausahawan muda yang meningkat. (*)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon