Daerah ›› Lindungi Anak, Pemkot-UNICEF Susun Renstra

Lindungi Anak, Pemkot-UNICEF Susun Renstra


Ambon - Sebagai upaya perlindungan terhadap anak dan perempuan, pemerintah kota (pemkot) Ambon melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) bersama United Nation Childreen Fund (UNICEF) Perwakilan Ambon menggelar pertemuan dalam rangka menyusun rencana strategi (renstra) Pengembangan Sistem Perlindungan Anak Komprehensif di Kota Ambon.

Kegiatan itu berlangsung di Lantai II Balai Kota, kemarin diikuti 28 peserta pemerhati anak merupakan kelanjutan implementasi dari lokakarya menggagas sistem perlindungan anak yang digelar beberapa waktu lalu.

Tujuan digelar pertemuan tersebut mengkonsolidasikan para pemangku kepentingan yang berwenang mengambil kebijakan tentang perlindungan anak di kota Ambon. Termasuk menyatukan pemahaman dan persepsi tentang pentingnya membangun kerjasama dan koordinasi lembaga dalam membangun sebuah sistem perlindungan anak, memetakan elemen sistem perlindungan anak, serta menyusun rencana kerja advokasi terhadap pengambil kebijakan yang dapat menjamin terbangunnya dan berjalannya sistem perlindungan anak.

Asisten I Sekretaris Kota Ambon Dolan K Soukotta dalam sambutannya mengatakan semua upaya harus dilakukan untuk kepentingan anak.

"Ini bukan hanya dilakukan lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif serta masyarakat, dimana yang menyangkut hak-hak dasar anak harus dilindungi oleh semua lembaga negara juga termasuk masyarakat," tukas Soukotta.

Lanjutnya, salah satu hak anak yang harus menjadi perhatian adalah hak untuk memperoleh identitas.
"Dalam rangka perlindungan terhadap hak ini, pemkot telah mendapat banyak bantuan dari UNICEF untuk menyediakan pelayanan akte kelahiran gratis sejak 2006," ungkapnya.

Disamping itu, pemerintah juga harus memberikan perlindungan khusus bagi anak yang rentan diantaranya perlindungan dari eksploitasi, kekerasan, penerlantaran, pelanggaran hukum, dan diskriminasi anak dari kelompok minoritas. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon