Daerah ›› Ledakan Petasan Hanguskan Gudang Elektronik Mardika

Ledakan Petasan Hanguskan Gudang Elektronik Mardika


Ambon - Gudang penyimpanan barang elektronik yang terletak di Lantai III Toko Dua Berlian, Jl.  Mutiara Mardika, Kecamatan Sirimau Kota Ambon dilalap api, Jumat (1/1) sekitar pukul 00.02 WIT.

Informasi yang dihimpun Siwa­lima, dari pihak kepolisian menye­butkan, kejadian tersebut berawal dari sekelompok warga yang sedang membakar petasan untuk merayakan malam tahun baru 2016 di halaman Hotel Amans. 

Saat itu, petasan jenis roket yang telah dibakar diarahkan ke Toko Dua Berlian. Ketika ledakan terjadi, percikan petasan ada yang masuk ke dalam gudang yang berada di lantai III, dan membakar karton barang-barang elektronik.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Meity Jacobus yang dikonfir­masi mengatakan, dugaan semen­tara kebakaran terjadi akibat petasan.

“Benar terjadi kebakaran di Lantai III Toko Dua Berlian. Tetapi pukul 00.30 WIT api berhasil dipadamkan. Kurang lebih 50 barang elektronik terbakar dan tiga kaca jendela pecah,” jelas Jacobus.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Ambon, Edwin Pattikawa mengaku, kejadian begitu cepat, beruntung sejumlah karyawan berada ada di lokasi sehingga membantu mema­damkan api.

“Jadi kita mendapat laporan dari masyarakat kejadian pukul 12.10 WIT, sehingga 5 unit mobil pema­daman yang disiagakan langsung diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan api,” jelas Pattikawa.

Saat kejadian menurut Pattikawa pemilik toko Rohsyandra, tidak berada di lokasi hanya beberapa karyawan saja yang kebetulan tinggal di dalam toko.

“Hanya 30 menit proses pemada­man dilakukan oleh petugas  dibantu oleh para karyawan yang cepat membuang barang yang terbakar sehingga api dengan cepat padam,” ungkap Pattikawa.

99 Kasus Kebakaran

Pattikawa menambahkan, selama tahun 2015 terjadi 99 kasus keba­karan di Kota Ambon.

“Kami menghimbau warga Kota Ambon lebih waspada terhadap benda yang mudah terbakar,” ujar Pattikawa.

Ia juga  menambahkan, pihaknya mendapatkan 1 unit mobil tangga pemadam kebakaran bantuan hiba dari Pemprov Maluku. (S-27/S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon