Pendidikan ›› Laturiuw Minta Dindik Perhatikan Akreditasi Sekolah

Laturiuw Minta Dindik Perhatikan Akreditasi Sekolah


Ambon - Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon Christainto Laturiuw minta Dinas Pen­didikan untuk memperhatikan sekolah-sekolah yang belum terakreditasi.

Pasalnya, akreditasi sangat berpe­ngaruh terhadap kualitas sekolah dan juga siswanya, sehingga semestinya mendapat perhatian khusus baik dari dinas, pihak sekolah maupun operator sekolah.

“Saya harapkan Dinas pendidikan, harus lebih fokus perhatikan soal akre­ditasi sekolah,” pinta Laturiuw kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (2/4).

Menurutnya, pihak dinas, sekolah dan operator harus bersinergi melihat persoalan ini, apalagi saat ini, ada sekitar 99 sekolah pada tingkat SD yang belum terakreditasi dari total 194 sekolah, sementara SMP yang belum terakreditasi sebanyak 30 sekolah dari total 59 sekolah.

“Informasi yang saya dapat batasan untuk proses akreditasi itu sampai bulan Juni untuk tingkat SD, nah dalam proses akreditasi ada 119 item yang harus dipenuhi oleh masing-masing sekolah untuk menginput data-data sekolah, untuk itu perlu adanya sinergitas baik antara kepsek dan juga opertor, sehingga akreditasi bisa dicapai sesuai target dan aturan,” ujarnya.

Dikatakan, tidak terakreditasinya sekolah akan berdampak buruk bagi sekolah tersebut, misalnya seperti kepsek tidak akan menandatangi iijazah dan pencairan dana BOS selama 5 tahun kedepan.

Selain itu juga berdampak bagi para para siswa, karena ketika lulus sekolah dipastikan akan sulit diterima di sekolah lanjutan, dan hal-hal lainnya, untuk itu masalah ini, mesti mendapat perhatian serius.

“Saya janji, masalah ini akan jadi perhatiannya di internal komisi agar ke­depan dapat mengundang Dinas Pen­didikan untuk mempertanyakannya, sekaligus mencari solusinya,” janji Laturiuw.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon