Budaya ›› Lantamal IX Lestarikan Tarian Khas Maluku Miliki Banyak Kesenian Daerah

Lantamal IX Lestarikan Tarian Khas Maluku


 

Ambon - Provinsi Maluku dikenal dengan destinasti wisata bawah lautnya dengan pemandangan yang sangat eksotis. Selain dianugrahi keistime­waan dan keindahan alamnya, Ma­luku juga memiliki berbagai kesenian daerah yang bisa dibanggakan. Salah satunya adalah tari tradisional.

Untuk itu dalam rangka mempe­ringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun ini, maka  Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon, mengelar lomba tarian khas Lantamal IX ala Maluku yang dipusatkan di Marsheling Area, Rabu (9/8).

Dinas Penerangan Lantamal IX Ambon dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalima, usai kegiatan itu menjelaskan,  kegiatan ini bertujuan guna melestarikan dan mengem­bangkan adat-istiadat serta seni dan budaya Provinsi Maluku.

“Kegiatan ini kiranya dapat ber­manfaat bagi keluarga besar Lan­tamal IX Ambon, agar dapat dike­tahui lebih dalam tentang ragam budaya Indonesia, dan jenis kebu­dayaan yang dimiliki setiap daerah, khususnya budaya masyarakat Maluku,” ujar pihak Dispen.

Masih dalam rilis tersebut dikata­kan, lomba tarian khas Lantamal IX ala Maluku ini diikuti sebanyak 9 peserta yang terdiri dari group satker dibawah jajaran Lantamal IX Ambon. Dan yang berhsil menjuarai lomba ini adalah Grup Rumkital dr. F.X. Suhardjo.

Untuk diketahui lomba tarian khas Lantamal IX ala Maluku, para peserta menampilkan aksinya penuh kreati­fitas, semangat dansangat meriah. Para juri pun memulai penilaian dan mengomentari penampilan peserta sesuai dengan kreatifitas seni yang ditampilkan pada perlombaan ini.

Dewan Juri yang dilibatkan dalam lomba ini berasal dari Dinas Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku yang diketaui oleh Dor­theiys Lourens Matauseye. Semen­tara hadir dalam kegiatan lomba tersebut, Danlantamal IX Laksa­ma­na Pertama TNI Nur Singgih, Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi, Para Asisten, Kasatker/Kadis jajaran dan Keluarga Besar Lantamal IX Ambon.(S-43)  



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon