Politik ›› Langkah Abua Bakal Dihadang

Langkah Abua Bakal Dihadang


Ambon - Pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Malteng, Isnain Solo Nukuhaly-Jacob Soakalune menghadang lang­kah petahana Tuasikal Abua-Marlatu Leleury di pil­kada mendatang.

Isnain-Jacob, satu-satu­nya pasangan yang maju melalui jalur perseorangan telah dinyatakan lolos veri­fikasi administrasi, Senin (22/8) malam. Berkas 29.472 duku­ngan yang diajukan pasa­ngan itu telah memenuhi syarat administrasi.

Kini berkas-berkas masih akan diverifikasi secara fak­tual. Nantinya KPU dan Pan­was­lu beserta jajaran ma­sing-masing akan turun lang­sung menemui warga yang mengajukan dukungan kepa­da pasangan Isnain-Jacob.

Proses verifikasi faktual akan berlangsung selama 10 hari. Jika pasangan Isnain-Jacob lolos verifikasi faktual, maka langkah Abua-Marlatu. untuk menjadi calon tunggal bakal terhadang.

“Kita siap hadapi petahana di pilkada. Prinsipnya taha­pan sulit sudah kami lewati, kini kami tinggal menunggu taha­pan verifikasi faktual yang akan mulai berjalan pada be­sok (hari ini-red),” Tandas Ke­tua Tim Relawan Pasangan Pamahanu-Nusa, Autan Sa­hib Patti Kepada Siwalima di Masohi, Selasa (23/8).

Mantan Anggota DPRD Maluku tengah dua periode ini, menegaskan pihaknya optimis  pasangan Isnain-Ja­cob akan lolos verifikasi faktual dan akan lolos dalam bursa balon Pilkada Malteng nanti.

“Bagi kami tahapan sulit itu adalah mobilisasi dukungan rakyat melalui penghimpu­nan KTP dukungan, serta ve­rifikasi admintrasi yang dila­kukan KPU by name by adr­res per desa per keca­matan. Tahapan berikut ini, bagi kami sudah tidak sulit lagi, olehnya kami sangat yakin kandidat kami lolos dalam bursa pencalonan dan siap menghadapi petahana,” tandasnya.

Dijelaskan, pihaknya akan mengawal proses verifikasi faktual yang dilakukan sela­ma 10 hari kedepan, seba­gaimana yang telah dilaku­kan mengawal proses verifi­kasi administrasi di KPU da­lam kurun waktu 13 hari itu.

“Tim kami tersebar di 300 desa atau negeri lebih yang ada di Kabupaten Malteng ini. kami pastikan akan me­ngawal ketat proses verifi­kasi faktual yang akan ber­jalan besok nanti. Kami tidak main main mengenai hal ini. sebagaimana kita bisa lolos di tahap ferivikasi admini­strasi, kami juga  sangat yakin kami akan lolos verifi­kasi faktual,” jelasnya.

Ia mengakui pasangan petahana memiliki keung­gulan dengan merebut hampir semua rekomendasi partai politik yang ada.

“Kita akui itu dan petahana telah merebut hampir se­mua dukungan politik parpol yang ada di DPRD Malteng. Artinya  telah terjadi koalisi besar untuk memenangkan pasangan ini. namun bagi kami ini biasa dalam politik.  Fukos kami saat ini adalah bagaimana lolos dan ber­duel nanti dengan petahana. Jika kemudian Tuhan me­nghendaki kami lolos dan bertarung, maka sejarah besar akan terukir di bumi Pamahanu-Nusa ini,” ung­kapnya.

Abua-Marlatu hampir pasti mengantongi rekomendasi dari gabungan parpol yang memiliki 38 kursi di DPRD Malteng. Rekomendasi yang sudah secara resmi diterima yaitu Partai Demokrat 3 kursi, Partai Hanura 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PKPI 4 kursi dan Golkar 5 kursi. Sementara PDIP yang me­miliki 5 kursi, Gerindra 5 kursi, PAN 3 kursi, PKB 4 kursi dan PBB 3 kursi sudah memberikan sinyal untuk mendukung.

Saat ini hanya tersisa dua partai yang belum jelas sikap politik yang PPP dan PKS. Keduanya masing-masing memiliki 1 kursi di DPRD setempat. (S-42)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon