Daerah ›› KSU Mina Malheno Gelar RAT ke-II Tahun 2010

KSU Mina Malheno Gelar RAT ke-II Tahun 2010


Ambon - Koperasi Serba Usaha (KSU) Mina Malheno menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang ke-II tahun buku 2010, yang berlangsung di Kantor Desa Passo, Sabtu (5/3).

Ketua KSU Mina Malheno, Jorlex Papilaya kepada Siwalima di sela-sela acara tersebut menjelaskan, pelaksaanaan RAT yang ke-II pada tahun 2010 ini, dimaksudkan untuk pengurus dapat mempertanggungjawabkan hasil kerja selama setahun dan membuat kebijakan-kebijakan dalam program kerja dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (APBK) tahun Buku 2011.

Pada pelaksanaan RAT tersebut, juga akan dibagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang merupakan hak dari para anggota untuk menerimanya, baik melalui simpanan pokok maupun simpanan wajib serta jasa yang diberikan bagi perkembangan Koperasi Mina Malheno.

"Ada bagian-bagian yang harus disisihkan untuk pembinaan sumber daya melalui dana penyidikan maupun bantuan-bantuan sosial, baik itu ke gereja maupun yayasan, sebab ada dana khusus yang diperuntukan untuk kegiatan sosial," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan KSU Mina Malheno di tahun 2010 adalah, di Batu Gantung dan satu unit pembantu yang berada di Desa Passo, bahkan ke depan akan ada perkembangan peningkatakan provit yang akan direncanakan mengalami keuntungan kurang lebih Rp 400 juta, karena pada tahun 2010 KSU Mina Molhena mendapat keuntungan sebesar 200 juta lebih.

Menurutnya, Anggota KSU Mina Malheno, pada tahun 2009 hanya terdapat 22 anggota dan telah mengalami peningkatakan, di mana jumlah anggota pada tahun 2010 sebanyak 52 orang yang mana keanggotaanya adalah karyawan KSU Mina Malheno dan keanggotaan tersebut jumlahnya masih sama sampai dengan di tahun ini.

Olehnya itu kata Papilaya, dengan bertambahnya jumlah angota di koperasi ini, maka perkembangan koperasi ini bersamaan dengan cabang-cabang yang ada, sehingga direncanakan ke depan akan membuka cabang di Seram Bagian Barat yang kontor pusatnya berada di Desa Kamal.

"Kita akan menelusuri untuk mebuka cabang di SBB dan minta dukungan dari Dinas Koperasi Provinsi Maluku dan Kota Ambon dalam menunjang rencana ke depan untuk memiliki satu cabang di Desa Kamal bisa berhasil," ujarnya.

Ditambhkan, ke depan direncanakan di setiap kabupaten/kota harus memiliki cabang-cabang KSU Mina Malheno di setiap daerah-daerah tersebut di provinsi maluku.

Dia berharap, Dinas Koperasi Kota Ambon dapat memperhatikan KSU Mina Malheno untuk meningkatkan perkembangannya ke depan, dengan memberikan dana bergulir demi peningkatan koperasi tersebut ke depan. (S-34)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon