Politik ›› KPU Tual Tetapkan Syarat Pencalonan Parpol

KPU Tual Tetapkan Syarat Pencalonan Parpol


Tual  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tual menetapkan, persyaratan pencalonan partai politik (Parpol) minimal empat kursi di DPRD untuk parpol atau gabungan parpol, dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) yang akan berlangsung 2018 mendatang.

Menurut Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih, empat  kursi tersebut merupakan 20 persen dari total kursi yang ada di DPRD kota Tual.

“Persyaratan pencalonan Walikota dan Wakil Walikota 20 persen, karena jumlah kursi di DPRD kita 20 kursi, maka pencalonan didukung minimal empat kursi,” jelas Faqih.

Ia menyebutkan, empat kursi sebagai syarat ditetapkan berdasarkan keputusan KPU

Kota Tual Nomor : 10/HK.03.1-Kpt/8172/KPU-kt/X/2017 tentang persyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai politik dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, bakal calon dibolehkan untuk menggunakan suara sah 25 persen dari hasil pemilihan legislatif 2014. Dimana bakal calon dapat melakukan pencalonan atau mendaftar di KPU dengan mengantongi tiga kursi, asalkan memenuhi persyaratan 25 persen suara dari hasil pileg 2014 lalu.

“Syarat sesuai keputusan KPU disitu jelas, yang pertama itu empat kursi yakni, 20 persen dari total kursi di DPRD. Kedua, persyaratan pencalonan bisa saja di tempuh hanya dengan tiga kursi, asalkan  memenuhi 25 persen suara sah dari hasil pemilihan legislatif 2014,” jelasnya.

Menurutnya, KPU Kota Tual saat ini telah menyiapkan berkas pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Tual, yang akan sampaikan kepada partai politik sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami sudah menyiapkan berkasnya dan harus disampaikan kepada partai politik dan Ketua DPR serta Kesbangpol,” terangnya.

Saat ini, lanjutnya, KPUD gencar melakukan sosialisasi persyaratan pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Tual melalui media, baik media cetak maupun media elektronik serta melalui penyebaran informasi melalui baliho yang akan di pasang di beberapa titik yang ada di Kota Tual. (S-45)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon