Politik ›› KPU SBT Tetapkan 98.539 Pemilih Sementara

KPU SBT Tetapkan 98.539 Pemilih Sementara


 

Ambon - KPU Kabupten SBT telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pilkada serentak Desember 2015 sebanyak 98.539 pemilih.

Kepada Siwalima Ketua Panwaslu SBT Ismail Kilwaga melalui telepon seluler, Sabtu (5/9), DPS ditetapkan KPU pada Sabtu (5/9) dan pleno penetapan disaksikan oleh Komisioner KPU, Panwaslu, dan pasangan calon serta tim pemenangannya.

“DPS SBT yang ditetapkan sebanyak 98.539 pemilih dari 192 desa yang tersebar di 15 kecamatan. Dari dari tersebut, total jumlah TPS diestimasi sebanyak 256 buah,” ujarnya

Dikatakan, penetapan DPS di SBT memang telah melewati batas jadwal yang ditetapkan dalam PKPU No. 2 tahun 2015 tentang jadwal dan pentahapan karena terjadi keterlambatan pemutahiran di kecamatan Pulau Gorom yang jumlah pemilihnya cukup banyak.

Pada saat rekapitulasi sementara, 2 September silam menurutnya Panawaslu juga telah mendesak KPU untuk segera mengusahakan segera mendapatkan data dari Kecamatan Pulau Gorom karena memang telah lewat. Namun karena masalah transportasi, keterlambatan tersebut dapat ditolelir.

“Pada DPS SBT, kenaikan jumlah pemilih cukup signifikan dibandingkan dengan DPT pemilu terakhir yang hanya 87. 627 pemilih. Jika dibandingkan dengan DP4, sejumlah 95.000 pemilih, DPS juga meningkat,” jelasnya

Untuk itu, Kilwaga mengatakan hal tersebut menjadi catatan dari Panwaslu agar dalam masa perbaikan nanti harus diteliti dengan cermat.

Ia juga menyebutkan, Panwaslu SBT telah mendesak KPU untuk segera melaksanakan rapat internal supaya bisa mengumumkan DPS kepada masyarakat sesuai dengan jadwal.

“Prinsipnya Panwaslu akan tetap mengawal hingga penetapan DPT nanti karena ketika terjadi kesalahan sekarang akan membawa dampak pada saat berlangsungnya pilkada nanti,” tambah Kilwaga

Berdasarkan PKPU Nomor 2 tahun 2015, 10-19 September akan ada mengumumkan DPS dan menerima tanggapan dari masyarakat untuk perbaikan menjadi DPT.

Sementara itu, KPU MBD hingga kini belum menerima data pemilih dari 8 PPK sehingga rekapitulasi masih tertunda.

“Rekapitulasi untuk 8 kecamatan hingga kini belum diterima sehingga proses rekapitulasi masih tertunda,” ungkap Ketua Panwaslu MBD, Christian Tulapoor kepada Siwalima melalui telepon seluernya, Minggu (6/9).

Tulapoor menjelaskan PPK yang telah melaporkan rekapitulasi data pemilih yaitu Kecamatan pulau-pulau Babar memiliki 9 desa, 15 TPS dan jumlah pemilih 3.746 jiwa, Kecamatan Leti memilki 7 desa dan 13 TPS, jumlah pemilihnya sebanyak 4.869 jiwa, Kecamatan Wetang memiliki 8 desa dan 8 TPS serta jumlah pemilih 1.146 jiwa.

Selain itu, di Kecamatan pulau-pulau terselatan terdapat 6.371 jiwa pemilih yang tersebar di 6 desa dan 21 TPS, Kecamatan Lakor memiliki 5 desa dan 7 TPS serta jumlah pemilih 1.396 jiwa. Kemudian Babar Timur, yang memiliki 11 desa  dan 12 TPS dengan jumlah pemilih 3.599 jiwa.

Di Kecamatan Kisar Utara, dilaporkan jumlah pemilih 1.721 jiwa yang tersebar di 5 TPS dan 3 desa. Kecamatan Wetar Utara, memiliki 6 desa dengan 6 TPS dan jumlah pemilih mencapai 1.416 jiwa. PPK Moa memilih jumlah total pemilih 7.671  jiwa yang tersebar di 7 desa dan 17 TPS.(S-42)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon