Politik ›› KPU Mulai Siapkan Pendaftaran Calkada

KPU Mulai Siapkan Pendaftaran Calkada


Ambon - Pendaftaran bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah tinggal sepekan lagi berlangsung. KPU di lima kabupaten dan kota yang akan melaksanakan pilkada sudah mulai melakukan persiapan pendaftaran yang akan berlangsung pada 21-23 September.

Kepada Siwalima melalui telepon seluler, Ketua KPU Maluku Musa Toe­kan Kamis (15/9) mengatakan sementara ini, KPU kabupaten dan kota sementara melakukan persiapan. Salah satunya ada­lah  mengumumkan di media massa mengenai jadwal pendaftaran balon dan apa saja yang harus di bawa saat pendaftaran.

“KPU kabupaten dan kota juga semen­tara melakukan koordinasi dengan IDI, karena nantinya setelah mendaftar­kan diri di KPU, para bakal calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari 24-27 September,” ujarnya.

Dikatakan mengenai tempat pemerik­saan kesehatan, KPU sementara me­nung­gu rekomendasi dari IDI karena bisa saja berlangsung di kabupaten mau­pun dirujuk ke provinsi karena masalah mi­nim­­nya tenaga kesehatan di kabu­paten. Toekan menjelaskan, selain pemerik­saan fisik kesehatan, balon juga harus mengikuti tes bebas narkoba oleh BNN dan tes psikologi yang berhu­bu­ngan dengan kesehatan jiwa oleh Himpsi.

“Nantinya setelah pemeriksaan kese­hatan, hasil pemeriksaan akan diumum­kan paling lambat satu hari sesudah pemeriksaan tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan, KPU akan melakukan penelitian syarat pencalonan dan berkas balon yang dimasukan dan akan di­umum­kan hasilnya pada 29 September-1 Oktober kepada balon yang diusung par­pol serta 1-3 oktober untuk calon perseorangan.

Penetapan calon baru akan dilakukan KPU pada 24 Oktober nanti dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon.

“KPU belum bisa memprediksi berapa total pasangan calon di lima kabupaten dan kota yang akan mendaftar nanti. Na­mun untuk calon perseorangan, walau­pun syarat dukungannya menu­run karena hasil verifikasi masih tetap bisa mendaftar di KPU,” jelas Toekan. (S-42)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon