Politik ›› KPU Kembalikan Berkas PDIP

KPU Kembalikan Berkas PDIP


Ambon - KPU Kota Ambon mengembali­kan berkas DPC PDIP Kota Ambon, saat DPC PDIP Kota Ambon me­nyerahkan salinan berkas pendaf­taran PDIP ke KPU, Rabu ( 11/10).

Berkas yang memuat daftar nama keanggotaan, Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Kete­rangan Kependudukan itu dikem­balikan lantaran, DPP PDIP belum resmi mendaftar di KPU.

Sebelumnya, puluhan pengu­rus dan fungsionaris partai ber­lambang banteng kekar moncong putih ini tiba di kantor KPU Kota Ambon, yang terletak di Desa Passo, Kecamatan Baguala, pu­kul 14.15 WIT kemudian menuju ke ruangan pemberkasan lantai II.

Berkas tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris DPC PDIP Kota Ambon, Jafry Taihutu didampingi Wakil Ketua DPC PDIP Kota Ambon Lucky Upulatu Nikijuluw dan diterima oleh Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kai­nama, didampingi empat komisio­ner KPU Kota Ambon lainnya.

DPP PDIP baru mendaftar di KPU RI pukul 14.00 WIB semen­tara proses penerimaan berkas di KPU Kota Ambon hanya sampai pada pukul 16.00 WIT.

“Kami mengembalikan berkas  milik DPC PDIP Kota Ambon  ka­rena di tingkat DPP, mereka baru mendaftar ke KPU pukul 14.00 WIB itu berarti di Ambon pukul 16.00 WIT dimana bersamaan dengan batas penerimaan yang telah dite­tapkan,” ungkap Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama, saat mengembalikan berkas tersebut.

Dikatakan, saat DPP resmi men­daftarkan di KPU RI maka aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Si­pol) akan terbaca, sehingga KPU di setiap kabupaten/kota sudah bisa mengetahui berapa jumlah keang­gotaan partai per kecamatan berda­sarkan jumlah KTA dan KTP, yang diinput didalam aplikasi tersebut.

“Jika DPP partai tersebut belum mendaftar maka tentunya aplikasi ini tidak bisa terbaca, sehingga kalau kita menunggu lagi DPP PDIP mendaftar maka sudah lewat dari jam kerja KPU Kota Ambon,” katanya.

Kainama berharap, berkas yang akan dimasukan oleh DPC PDIP Kota Ambon ini tidak berbeda dengan data yang diinput didalam Sipol tersebut.

“Jika dalam berkas yang akan dimasukan oleh DPC PDIP Kota Ambon berbeda dengan jumlah KTA dan KTP yang diinput didalam Sipol maka tentunya kita akan tolak berkas tersebut sama dengan yang telah kita lakukan terhadap Partai Perindo dan PSI,” ujarnya.

Ia meminta agar berkas DPC PDIP Kota Ambon akan dimasukan ke KPU Kota Ambon melalui pe­nghubung yang sudah direkomen­dasikan oleh DPC PDIP Kota Ambon. 

Memasuki tahapan pendaftaran parpol peserta Pileg 2019, DPC PDIP Kota Ambon dipastikan akan menyerahkan berkas ke KPU, Rabu (11/10).

“PDIP secara serentak di seluruh Indonesia akan menyerahkan ber­kas ke KPU masing-masing dae­rah. Begitu juga DPP akan ke kan­tor KPU Pusat guna untuk men­daf­tar sebagai peserta pemilu,” ung­kap Sekretaris DPC PDIP Kota Ambon, Jafry Taihutu kepada warta­wan di Ambon, Selasa (10/10).

Dikatakan, semua persiapan administrasi persyaratan maupun kesiapan-kesiapan teknis telah dipersiapkan DPC PDIP Kota Ambon, mulai dari tingkat PAC hingga anak ranting untuk nantinya diserahkan ke KPU.

“Proses verifikasi Pileg 2019 ini agak beda dengan yang lalu. Kita harus input data di DPP dan kita akan ke KPU dengan membawa data administrasi beserta dengan bukti yang ada itu akan dicocokan oleh KPU, apakah yang kita daftar­kan secara fisik maupun secara administrasi apakah cocok dengan DPP Partai, itu yang lagi diper­siapkan oleh PDIP dan juga partai politik lainnya yang ingin terlibat dalam proses lebih lanjut. Apabila ada kekurangan berarti ada jedah waktu yang akan diberikan untuk memperbaikinya, namun kami opti­mis di besok hari apa yang menjadi amanat UU dari KPU atau aturan yang lain akan dipenuhi oleh DPC PDIP Kota Ambon, ini yang mesti di­la­kukan sebagai starting awal ke­siapan DPC partai untuk  menyam­but momen politik seperti Pilkada Maluku 2018, Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” katanya.  (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon