Politik ›› KPU Ambon Pastikan Tiga Wilayah akan Disekat Antisipasi Mobilisasi Massa

KPU Ambon Pastikan Tiga Wilayah akan Disekat


Ambon - Pilkada Kota Ambon memang akan berlangsung tahun depan namun persiapan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan sudah mulai dilakukan persiapan dari sekarang.

Salah satu cara untuk mengantisipasi masuknya pemilih dari luar adalah dengan menyekat tiga wilayah perbatasan dengan Kabupaten Maluku Tengah yakni Passo, Hunuth dan Laha.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama kepada Siwalima di Ambon, Rabu (7/12).

Menurutnya proses pelaksanaan Pilkada Kota Ambon harus berlangsumg dengan baik aman dan lancar. 

“Pelaksanaan pilkada tahun depan di Kota Ambon dan Kabupaten Malteng dilakukan secara bersama-sama. Ditakutkan terjadi mobilisasi massa sehingga perlu adanya penyekatan wilayah,” ungkapnya.

KPU sendiri, katanya, telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan untuk pada waktunya melakukan pengamanan di tiga wilayah tersebut.

“Proses pencoblosan dimulai pada pukul 07.00-13.00 WIT selesai dan setelah itu proses perhitungan dilakukan. Ditakutkan setelah mencoblos warga bisa saja masuk ke Kota Ambon maupun keluar,” kata Kainama. 

Untuk itu tiga kawasan itu menjadi penting dilakukan pengawasan oleh aparat yang mana menjadi pintu keluar dan masuk warga ke Ambon.

“Memang dibutuhkan pengamanan ekstra karena pilkada Kota Ambon tidak boleh tercoreng dengan hal-hal yang tidak di inginkan sehingga dibutuhkan sebuah pengamanan di tiga wilayah itu maupun juga di TPS masing-masing,” ujarnya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon