Politik ›› KPU Ambon Bakal Seleksi Akuntan Publik

KPU Ambon Bakal Seleksi Akuntan Publik


Ambon - KPU Kota Ambon membuka pendaftaran seleksi Kantor Akuntan Publik (KAP) yang melakukan audit dana kampanye peserta pilkada.

Berdasarkan peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2015 tentang dana kampanye peserta pemilihan gubernur, bupati dan walikota, pasal 41 ayat (1) menyatakan KPU provinsi/kabupaten/kota melakukan seleksi Kantor Akuntan Publik untuk melakukan audit dana kampanye. Pendaftaran seleksi KAP akan dilakukan 4-8 Desember.

“Kantor Akuntan Publik mana saja boleh mendaftarkan diri kepada KPU kemudian diseleksi mana yang akan digunakan,” kata Ketua Divisi Kampanye KPU Kota Ambon Halil Tianotak kepada wartawandi Ambon, Kamis (5/1).

Menurutnya tidak semua kantor akuntan bisa melakukan audit dana kampanye pasangan calon. “Banyak syarat yang harus dipenuhi oleh kantor itu sendiri agar hasil audit yang dilakukan benar-benar transparan dan dapat dipercaya,” ujarnya.

Untuk itu ada sejumlah syarat atau kriteria yang harus dipenuhi Kantor Akuntan Publik dalam pengadaan jasa audit dana kampanye.

“Mereka harus memiliki surat izin usaha Kantor Akuntan Publik dari Menteri Keuangan, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), telah melunasi kewajiban pajak tahun terakhir, tidak berafiliasi secara langsung ataupun tidak langsung dengan pasangan calon persorangan maupun tim dan persyaratan nomor 4 harus dibuktikan dengan surat penyataan diatas kerjas bermeterai,” ungkapnya.

Dijelaskan, Akuntan Publik dan tim audit pada Kantor Akuntan Publik juga harus memenuhi syarat bukan hanya KAP itu sendiri.

“Akuntan Publik harus mengantongi surat izin dari Kementerian Keuangan, memiliki masa kerja minimal 1 tahun, bukan merupakan anggota partai, dan tidak berafilisiasi dengan calon tertentu,” jelasnya.

Selain itu tim audit yang ditugaskan juga memiliki latar belakang pendidikan S1 akutansi (manajer dan ketua tim), dan D3 (anggota tim), memiliki sertifikat pelatihan audit atas laporan dana kampanye pemilihan gubernur/bupati walikota oleh asesor akutan publik. “Syarat dan ketentuan ini diberlalukan harus dipenuhi bagi semua kantor akutan publik yang mau dan ingin melakukan audit keuangan bagi calkada kota Ambon,” tandasnya.  (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon