Olahraga ›› Kota Ambon Raih Juara Umum Kejurprov Panjat Tebing

Kota Ambon Raih Juara Umum Kejurprov Panjat Tebing


Ambon -  Kontingen Kota Ambon berhasil me­nya­bet juara umum Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Panjat Tebing Maluku 2017.

Prestasi tersebut diraih para atlet Kota Ambon setelah menyapu 9 dari 12 medali yang diperebutkan dalam kompetisi yang digelar Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Maluku pada tanggal 19 hingga 21 Oktober tersebut.

Sebanyak 32 atlet dari lima Pengcab FPTI yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Kota Ambon yang menjadi juara umum menurunkan 13 atlet yang bertanding di semua kelas lomba. Kategori yang dilombakan dalam kejuaraan ini adalah Lead Perorangan Putra, Lead Perorangan Putri, Speed Klasik Perorangan Putra dan Speed Klasik Perorangan Putri.

“Meskipun pertandingannya kompe­titif, namun Kota Ambon berhasil meraih juara di semua kelas dalam kejuaraan kali ini” kata Ketua Umum Pengprov FPTI Maluku M Azis Tunny kepada wartawan di Ambon, Minggu (22/10).

Dikatakan, Kejurprov Panjat Tebing Maluku 2017 di gelar di dua lokasi yang berbeda. Untuk kategori lead (rintisan), menggunakan dinding panjat milik Yonif 733/Raider, sementara kategori speed (kecepatan) klasik menggunakan din­ding panjat milik Universitas Pattimura.

Menurut Azis, pihaknya akan meng­upayakan memiliki sarana panjat tebing sendiri, sehingga kedepan bisa memak­simalkan pembinaan atlet daerah.

“Untuk pembinaan dan prestasi kedepan sebaiknya FPTI memiliki dinding panjat tebing sendiri mengingat potensi atlet di daerah ini sebenarnya cukup besar. Kami berharap ini men­dapat perhatian pemerintah daerah,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, atlet-atlet yang mengikuti Kejurprov ini akan diseleksi kembali untuk diikut-sertakan dalam Kejuaraan Nasional Panjat Tebing tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Jogja­karta bulan November mendatang.

“Untuk beberapa kelas, atlet panjat tebing Maluku sudah siap untuk bertanding di kompetisi tingkat nasional. Maluku sudah siap mengikuti Kejurnas 2017 yang akan dilaksanakan di Yogyakarta nanti,” tandasnya.

Azis menjelaskan, cabang olahraga panjat tebing yang juga dilombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ini bisa menjadi lumbung medali karena memper­tandingkan 18 kelas dan memperebutkan sebanyak 54 medali. Olahraga yang menguji adrenalin ini terbagi menjadi tiga disiplin, yaitu kecepatan (speed), boulder (jalur pendek), dan rintisan (lead). (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon