Kesra ›› Koperasi Telah Kucurkan Anggaran 1,7 M

Koperasi Telah Kucurkan Anggaran 1,7 M


Ambon - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Maluku memastikan di tahun 2018 telah mengucurkan anggaran berupa permodalan dana bergulir (PDB) kepada masyarakat khususnya UMKM di Provinsi Maluku sebesar Rp 1,7 miliar.

Anggaran ini dikucurkan untuk 4 UKMK di Kota Ambon, 5 UMKM di Kabupaten SBB,  6 UMKM di Kabupaten SBT, 2 UMKM di Kabupaten MTB, 2 UMKM di Kabupaten MBD dan 1 UMKM di Kota Tual.

“Jumlah UMKM di Maluku mencapai angka 55.675 unit tetapi anggaran setiap tahun yang dikucurkan dalam bentuk PDB sangat kecil dan di tahun 2018 hanya Rp.1,7 miliar,” jelas Plt Kepala Bidang Pemerdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UMKM Maluku, Azmy Ely, kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (8/12).

Dikatakan, setiap UMKM itu mendapatkan jatah anggaran bervariasi dari Rp 25 juta hingga Rp 100 juta.

“Paling rendah mereka mendapatkan dana segar dari pemerintah sebesar Rp 25 juta dan paling banyak itu  Rp 100 juta, dengan anggunannya tanpa bunga,” kata Ely.

Dengan kecilnya dana bergulir yang didapat dari pemerintah, kata dia, akan sangat sulit bagi UMKM di Maluku untuk berkembang.

“Kita melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap UMKM di Maluku namun dengan dana yang diberikan sangat sedikit itu menjadi kendala bagi UMKM berkembang apalagi bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Ely berharap kedepan pemerintah provinsi juga dapat mengalokasikan anggaran untuk pengembangan UMKM di Maluku dalam jumlah yang cukup besar karena UMKM di Maluku bertumbuh sangat cepat, apalagi UMKM di Maluku juga menjadi tumpuan untuk perputaran ekonomi dan mampu bersaing dengan usaha menengah. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon