Gaya Hidup ›› Assagaff: Konsumsi Ikan Penting bagi Kecerdasan Anak

Assagaff: Konsumsi Ikan Penting bagi Kecerdasan Anak


Ambon - Mengkonsumsi ikan sangatlah penting bagi kecerdasan dan kesehatan anak. Untuk itu maka Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Maluku saat ini sementara gencar mempromosikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Maluku.

Ketua umum Forikan Maluku, Retty Assagaff, mengatakan Gemar ikan adalah kegiatan promosi peningkatan konsumsi ikan pada kelompok dan target tertentu yang menitip beratkan pada penyampaian komunikasi infor­masi dan birokrasi tentang makan ikan dan manfaatnya bagi kecerdasaan dan kesehatan anak. “Kegiatan ini sebagai kegiatan berkomunikasi yang digunkan untuk mengakses masyarakat luas khususnya di Daerah dengan tingkat konsumsi ikan perkapita yang rendah untuk lebih memahami pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kecerdasan dan  kesehatan,” kata Assagaff dalam sambutannya pada acara lomba mewarnai dan menggambar anak se-kota Ambon, di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, Kamis (26/6).

Dikatakan, perlu diketahui salah satu komponen gizi dalam ikan ini sangat penting, guna meningkatkan kecerdasan ialah decosta, stasis (darah) yaitu asam lemak dengan penuh rantai panjang, omega 3 terdiri dari 22 aston karbon, 32 aston hiterogen 2 asam oksigen. Sementara terkait dengan peningkatan pendapatan masyarakat dan SDM, peningkatan konsumsi ikan perkapita nasional diharapkan dapat pula menudukung upaya pempus untuk meningkatkan indeks pembangunan.

Penetapan Maluku sebagai lumbung ikan nasional (LIN) merupakan satu kebijakan startegis karena mengingat Maluku merupakan salah satu sentra produksi perikanan nasional, sehingga diperlukan langkah konkrit, untuk seoptimal menjamin sportifitas sistim logistik hasil produksi perikanan seba­gai upaya dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan daya sain.

“Dalam konteks pembangunan kelautan dan perikanan, maka Gemarikan turut memainkan peran yang sangat penting yakni sebagai penghela industri, ketahanan pangan dan gizi nasional, sebab di tahun ini pemerintah menargetkan tingkat konsumsi ikan mencapai 35,14 kg perkapita setiap tahun,” ujrnya.

Oleh karena itu, kata Assagaff guna mencetek generasi yang suka makan ikan, maka Gemarikan akan terus dikampanyekan menjadi sebuah gaya hidup. (Cr-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon