Pemerintahan ›› Komisi III Minta PUPR Genjot Penyerapan Anggaran

Komisi III Minta PUPR Genjot Penyerapan Anggaran


Ambon - Dinas Pekerjaan Umum dan Pena­taan ruang diminta untuk menggenjot realisasi penyerapan anggaran pada tahun 2017, pasalnya hingga saat ini realisasinya masih minim/bulan Oktober 2017 yakni masih berkisar 60 persen.

Untuk itu, Komisi III DPRD minta Dinas PUPR untuk lebih menggenjot kinerja agar lebih maksimal, sehingga nantinya diharapkan dalam tahun ini tidak ada anggaran yang dikemba­likan ke kas negara.

“Diharapkan dengan adanya sera­pan anggaran yang maksimal, maka tidak ada anggaran yang dikem­balikan ke negara, jadi minimal serapan anggaran tahun ini diharapkan lebih dari tahun lalu karena dari pengalaman tahun lalu, anggaran kita masih ada yang dikembalikan karena tidak terpakai habis,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw kepada Siwalima, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (25/10).

Untuk itu kata Laturiuw, pihaknya dalam hal ini Komisi III berinisiatif mengundang Dinas PUPR untuk menanyakan dan mengkonfirmasi bagaimana hasil realisasi penyerapan anggaran di tahun ini agar lebih baik.

“Tadi dalam rapat kita tanyakan lebih dikhususnya untuk pekerjaan fisik jalan yang ada yang dikerjakan melalui pihak ke tiga, dimana kualitas pekerjaan juga menjadi atensi komisi. Jadi kita tidak ingin, anggarannya ter­serap habis, namun kualitas pekerjaan tidak berkualitas,’’ tandasnya.

Dari hasil pertemuan itu, menurut Laturiuw, ada beberapa pekerjaan yang baru terealisasi masih minim, namun pihak PUPR sudah menjan­jikan bahwa semua pekerjaan yang sudah dilakukan tersebut akan tuntas sebelum habis tahun anggaran ini.

“Dalam rapat tadi pihak Dinas PUPR sudah menyampaikan bahwa semua pekerjaan yang sudah berkontrak, akan tuntas sebelum akhir tahun anggaran ini. Kita beri atensi, harus tuntas, namun harus berba­rengan dengan kualitas, sehingga betul-betul dinikamti oleh masya­rakat,’’ jelasnya.

Laturiuw berjanji, untuk melihat langsung realisasi janji yang di­sampaikan, maka pihaknya akan mengagendakan untuk nantinya komisi akan turun lapangan mela­kukan kunjungan guna melihat lang­sung realisasi dari semua janji yang disampaikan pihak PUPR tersebut pada pekan depan.(S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon