Daerah ›› Komisi III Minta Dishub Lakukan Penertiban Angkot

Komisi III Minta Dishub Lakukan Penertiban Angkot


Ambon - Komisi III DPRD Kota minta kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan penertiban terhadap angkutan kota. Hal ini perlu dilakukan dikarenakan sampai dengan saat ini masih banyak angkot yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat seperti izin trayek, buku ker dan lain sebagainya.

Selain melaku­kan penertiban terhadap keleng­kapan surat-surat setiap angkot, Dishub juga harus menertibkan angkot yang tak layak beroperasi sesuai dengan instruksi walikota disaat peresmian UPTD Dishub di Passo beberapa waktu lalu.

“Kami minta kepada Dishub untuk lakukan penertiban terhadap semua angkot di Kota Ambon, selain itu angkot yang tak layak operasi juga harus ditertibkan dalam penertiban tersebut,” pinta anggota Komisi III DPRD Kota, Saidna Ashar Bin Taher kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (19/3).

Seharusnya, kata dia, ada ketegasan dari Dishub agar angkot yang tak memiliki izin trayek untuk tidak beroperasi lagi. Untuk menegakan aturan ini juga, maka petugas Dishub harus setiap saat melakukan pengawasan dilapangan.

Bukan saja masalah izin trayek, ada juga masalah yang menyangkut dengan buku ker sebab kebanyakan angkot tak memilikinya.

“Saat ini kantor uji kelayakan kendaraan bermotor telah berfungsi lagi, sehingga sangat membantu Dishub untuk melakukan evaluasi terhadap angkot yang beroperasi, apakah masih layak lagi atau tidak,” ujarnya.

Ditambahkan, pengawasan dan ketegasan harus dilakukan oleh Dishub agar angkot yang tak miliki izin dan sudah tidak layak lagi beroperasi harus di tertibkan sebab  ini menyangkut dengan keselamatan warga Kota Ambon. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon