Daerah ›› Klasis Kota Gelar Dialog Perempuan dan Politik

Klasis Kota Gelar Dialog Perempuan dan Politik


Ambon - Selain pemerintah, gereja juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan peran serta perem­puan di seluruh sektor pemba­ngunan termasuk juga politik.

Olehnya itu, Klasis Kota Ambon merasa terpangil untuk mengelar dialog publik dengan mengusung tema ‘Perempuan dan Politik’ yang berlangsung di Kantor Klasis Kota Ambon, Selasa (2/4).

“Kenapa dialog ini penting digelar dengan menghadirkan perempuan-perempuan cerdas, karena selama ini masih banyak stigma di masyarakat yang anggap perempuan itu lebih rendah dari laki-lali,” tandas Ketua Pelaksana kegiatan Roy Mongie dalam riliesnya yang diterima redaksi Siwalima, Kamis (4/4).

Peserta yang di hadirkan dalam kegiatan ini kata Mongie merupakan perwakilan dari 20 jemaat yang ada di klasis ini, dimana. Untuk memboboti dialog ini, pihak klasis menghadirkan narasumber dr. H.J. Huliselan yang membawa materi tentang ‘Pemberdayaan Perempuan dan Implementasinya’, kemudian Nency Souisa dengan materi ‘Perempuan dan Politik dari Aspek Perspektif Theologi, Jemmy R. Talakua yang membawa materi tentang ‘Perempuan dan Politik dari Perspektif Gender’.

Hasil dari dialog tersebut dapat disimpulkan bahwa perempuan perlu melepaskan diri dari paham patriakal. Perempuan perlu berperan aktif untuk menyuarakan hak-hak po­li­tiknya. Perempuan perlu menyuara­kan suara untuk mendapatkan akses lebih dari segi pendidikan, ke­setaraan, kesehatan dan lain se­bagainya. Gereja juga melihat bahwa program-program yang dirancang pemerintah selama ini belum miliki keberpihakan kepada perempuan.

“Jadi kami berharap Pemprov Maluku dan Pemkot Ambon lebih memihak pada  isu perempuan terkini, perlu melakukan revisi UU dan perda yang belum/kurang miliki keberpihakan kepada hak-hak perempuan,” tegasnya.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon