Daerah ›› Klasis GPM Beri Perhatian Khusus bagi Penderita HIV

Klasis GPM Beri Perhatian Khusus bagi Penderita HIV


Ambon - Klasis Gereja Protestan Maluku Daerah Kota Ambon, sampai dengan saat ini terus memberikan perhatian khusus bagi para penderita HIV/AIDS yang ada di kota ini.

Untuk itu menjelang hari AIDS se-dunia pada 1 Desember mendatang, maka pihak klasis akan memberikan perhatian khusus kepada mereka dalam bentuk rangkaian program yang akan diselenggarakan sejak 21 November  hingga 1 Desember yang meru­pakan puncak perayaan Hari AIDS se-dunia.

“Kegiatan seperti ini, bukan pertama kali dilakukan oleh Klasis GPM Kota Ambon, namun sudah  jauh sebelumnya dengan berbagai program pendam­pingan terhadap mereka yang me­ngidap HIV/AIDS,” ungkap Sekertaris Klasis Kota Ambon Pendeta Adriana Lohi, kepada wartawan dalam kete­rangan persnya kepada wartawan di ruang kerjannya, Senin (21/11).

Menurutnya, masalah HIV/AIDS merupakan salah satu permasalahan yang mejadi perhatian penting dari klasis, sehingga tetap dimasukan dalam perencanaan program baik di tahun ini maupun tahun 2017.

Dari data yang dihimpun pihak klasis sejak Desember 2014 terdapat  4.434 kasus 2.905 orang diantaranya mengidap HIV dan 1.529 orang postif AIDS. Untuk persentasenya sesuai jenis kelamin dimana laki-laki 52 %, perempuan 48%. Sementara dari golongan umur, penyadang terbanyak ada pada kisaran umur 15-39 tahun, dengan presentase sebesar 76%.

“Berdasarkan hasil pendampingan yang dilakukan pihak klasis diketahui cara penularan paling utama adalah lewat hubungan seks,” ujarnya.

Melihat hal tersebut, kata dia, perhatian khusus langsung diberikan oleh Klasis kota Ambon dengan memasukannya ke dalam renstra klasis dan juga keputusan sidang jemaat.

Pasalnya, pemahaman masya­rakat tentang HIV/AIDS sangat kecil, bahkan mereka cendrung mendiskriminasi para penderita dengan mengatakan mereka sebagai orang termarginal. Hal tersebutlah yang memicu klasis lewat Bidang Pemberitaan Injil dan Pela­yanan Kasih bersama Komisi Pemuda membuat program ini.

“Untuk kegiatan pertama dilak­sanakan pada Senin (21/11) malam dalam bentuk pastoral terhadap para penyandang yang nantinya akan dilaksanakan di Gedung Gereja Maranatha Ambon, kemudian akan dilaksanakan jalan santai bersama dengan para pengidap pada Sabtu (26/11) kemudian pada Senin (28/11) dilanjutkan dengan pelayanan pada Panti Asuhan Caleb House,” urainya.

Ditambahkan untuk, puncak kegia­tan berupa prosesi malam pere­nungan dan kampanye HIV/AIDS akan ber­lang­sung pada 1 Desember yang dipu­satkan di Pattimura Park.(Mg-2)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon