Daerah ›› Kapolda Tinjau Kesiapan Kapal Jelang Natal

Kapolda Tinjau Kesiapan Kapal Jelang Natal


Ambon - Setelah meninjau pasar tradisional Batu Merah dan Mardika Kota Ambon, Ka­polda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa, kembali memantau persiapan kapal laut jelang arus mudik Natal 25 Desember dan Tahun Baru 2019 di Pelabuhan Yos Su­darso Ambon, Kamis (6/12).

Kapolda didampingi Kabid Humas, Kombes Muhammad Roem Ohoirat,  Karo Ops Kombes Gatot Mangkurat, Direktur Polairud Kombes, Supeno Amir dan Kapolres Pulau Ambon serta Pp Lease, AKBP Sutrisno Hady San­toso.

Rombongan Kapolda tiba di Pelabuhan Yosudarso Ambon, sekitar pukul 13.00 WIT. Setelah sampai di pelabuhan, Kapolda, Kapolres dan bebe­rapa pegwai dari  PT Pelni Cabang Ambon dan Kantor Kesyahbandaran dan Oto­ritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon langsung naik ke Tukboat menuju KM Sa­ngiang yang mulai tampak di dalam Teluk Ambon.

Aktivitas di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon tidak sepa­dat hari-hari sebelumnya. Penumpang yang turun tidak berjubel karena yang datang diperkirakan puluhan orang saja.

Kapolda mengatakan pela­buhan belum begitu ramai, karena penumpang yang da­tang maupun berangkat masih sedikit. Namun, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada pekan depan.

“Saat ini penumpannya masih sedikit, namun dipasti­kan dalam minggu depan ini akan ramai. Tadi penumpang diatas KM Sangiang hanya berkisar sekitar 60-70. Penum­pang masih sangat kosong,” kata Kapolda kepada warta­wan di Pelabuhan Yusudarso Ambon, Kamis (6/12).

Untuk mengantisipasi arus mudik nanti, lanjut mantan Kakorlantas Polri ini, pi­haknya sudah mempersiap­kan pengamanan, termasuk dari instansi untuk menangani melonjaknya penumpang jelang Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kalau armada angkutan laut sudah siap, bahkan ada tambahan armada laut lagi, yaitu KM Gunung Dempo dan Ciremai. Itu kapal cepat, dua kali lebih besar dari ini KM Sangiang,” jelasnya.

Disinggung mengenai per­bai­kan di areal pelabuhan oleh PT Pelindo, apakah me­ngganggu arus mudik atau tidak, Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan tidak ada masalah.

“Tidak ada masalah karena sudah diatur sedemikian rupa. Kami secara terpadu nantinya akan membuat posko penga­ma­nan di depan terminal pela­buhan,” pungkasnya. (S-49)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon