Daerah ›› Kapolda Pantau Harga Sembako

Kapolda Pantau Harga Sembako


Ambon - Memastikan stok sembilan bahan pokok tersedia dan harga terjangkau jelang Natal, Kapolda Maluku, Irjen Royke Lumowa memantau pasar tradisional Batu Merah dan Mardika, Kota Ambon, Rabu (5/12).

Kapolda sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pedagang yang ditemui di pasar Batu Merah dan Mardika.

“Sesuai hasil diskusi dengan para pedagang mereka mengaku, sampai saat ini harga bahan pokok seperti, telur ayam, cabe keriting, tomat, bawang merah dan putih masih stabil. Namun, mereka khawatir jelang Natal harga bahan pokok ini akan dinaikkan harganya,” kata kapolda, kepada wartawan, disela-sela pemantauan.

Berdasarkan hasil rapat ber­­-sama dengan satgas pangan dan Disperindag Maluku, stok beras dan gula tersedia untuk tiga bulan kedepan. Sedangkan, untuk bahan pokok lainnya hanya bisa tersedia untuk 35 dan 54 hari kedepan.

Kapolda mengatakan, yang ha­-rus dijaga saat ini adalah jangan sampai para pedagang dan distributor sengaja menahan atau menimbun barang. Kalau, ditemu­kan hal seperti itu maka langsung ditindak dan dipidana, karena sudah dibentuk satgas pangan.

Namun, sesuai penjelasan sejumlah pedagang bahwa penimbunan bahan pokok ini terjadi tiga hari sebelum perayaan Natal. “Untuk saat ini belum ada penimbunan bahan pokok,” ujar kapolda.

Kepala Disperindag Maluku, Elvis Pattiselano yang turut mendampingi kapolda mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap harga sembako jelang Natal dan tahun baru.

“Kami sering melakukan pemantauan di sejumlah pasar tradisional, hal ini akan terus kami lakukan hingga menjelang natal,” ujarnya, kepada wartawan.

Menurutnya, sejauh ini berdasarkan pemantauan, harga bahan pokok masih stabil. Namun dikhawatirkan, akan mengalami kenaikan empat atau tiga hari sebelum Natal.

“Untuk memastikan harga bahan pokok tetap stabil, kami akan terus pantau sejumlah pasar di kota ini,” tandasnya. (S-49)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon