Daerah ›› Kapolda Baru untuk Maluku

Kapolda Baru untuk Maluku


Ambon - Markas Besar Polri kembali melakukan rotasi sejumlah per­wira menengah dan tinggi. Rotasi tertuang dalam surat telegram Kapolri deng­an nomor ST/1034/IV/2007 yang dikeluarkan pada tanggal 18 April 2017.

Diantara ratusan perwira yang dimutasi, terdapat Kapolda Maluku Brigjen Ilham Sa­lahudin.

Setelah bertugas di Malu­ku selama 1 tahun 3 bulan, Il­ham diangkat sebagai Widyais­wara Utama Sespim Polri.  Sebaliknya Maluku men­dapat Kapolda Baru yaitu Irjen Deden Juhara, yang saat ini se­mentara menjabat Widyai­s­wara Utama Sespim Polri. Ja­batan tersebut telah diem­bannya sejak tahun 2013.

Jabatan Kapolda Maluku itu sendiri sengaja diisi oleh per­wira pangkat Irjen, mengingat saat ini status Polda Maluku ditingkatkan menjadi tipe A. Deden yang merupakan lulu­san Akpol angkatan 1985 pun akhirnya tercatat sebagai Kapolda Maluku pertama yang berpangkat Irjen.

Deden sebelum menjabat Widyaiswara Utama Sespim Polri, pernah menempati posisi Karo Pembinaan Kar­yawan Staf SDM Mabes Polri, Karo Pers Polda Jawa Barat, Karo Pers Polda Aceh dan Kapolres Bojonegoro.

Deden juga tercatat seba­gai alumni pendidikan Ses­pati Polri angkatan 18 tahun 2010 bersama mantan Kapol­da Maluku Irjen Murad Ismail. Saat itu, Deden se­mentara men­jabat Karo Pers Polda Jawa Barat, sementara Murad Kasat Brimob Polda Metro Jaya.

Sementara itu, Ilham Sala­hudin diprediksi akan menja­di Kapolda Maluku pertama yang berpangkat Irjen. Apalagi sudah sesuai Surat Telegram Kapolri No­mor ST/857/III/2017 tertang­gal 30 Maret 2017 yang di­tandatangani Waka­polri Kom­jen Syafruddin, Ilham terma­suk pejabat yang di­ku­kuhkan menjadi Kapolda Ma­luku, menyusul ditingkat­kan­nya tipe Polda Maluku dari B ke A.

Terkait mutasi ini, Ilham saat dikonfirmasi Siwalima me­ngaku telah menerima surat telegram Kapolri terkait mutasi tersebut.

Kendati demikian, perwira yang berasal dari Korps Brimob ini belum me­ngetahui kepastian proses pelantikan dan serah terima jabatan.

“Memang benar ada mutasi perwira Polri. Namun untuk pelantikan dan serah terima jabatan masih menunggu arahan dari Mabes,” tulisnya melalui pesan singkat yang diterima Siwalima, tadi malam. Saat ditanyakan lebih jauh Ilham tak banyak berkomentar lagi. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon