Daerah ›› Kainama Pastikan Maret, Tunjangan Guru Dibayar

Kainama Pastikan Maret, Tunjangan Guru Dibayar


Ambon - Dipastikan pada bulan Maret tahun ini Dana tunjangan PNS khusunya para guru yang diangkat pada tahun 2008-2009 yang belum dibayarkan selama beberapa tahun terakhir akan dibayar.

Pembayaran dana tunjangan guru ini baru akan dibayarkan karena anggaran untuk tunjangan tersebut telah dimasukan dalam batang tubuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan  (APBD-P) tahun 2013.

“Untuk pembayaran tunjangan ini kita akan usahakan dibayar kepada para guru yang mempunyai hak ini pada bulan Februari paling cepat dan paling lambat pada bulan Maret,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama, kepada Siwali­ma, diruang kerjanya, Selasa (15/1).

Ditegaskan, tunjangan para guru ini tetap akan diberikan karena Dinas Pendidikan tidak pernah menahan apa yang menjadi hak para guru ini. Jika permintaan untuk pembayaran di­masukan ke bagian keuangan maka semua permintaan itu tetap akan dibayar.

Memang pihaknya pernah menga­takan akan membayar tunjangan itu pada awal tahun 2013 namun saat ini pihak keuangan sementara disibukan dengan pembayaran gaji maupun transport serta hal-hal lainya milik  para pegawai maka untuk pembayaran tunjangan ini dimundurkan.

“Hal lain juga adalah pembayaran ini tidak bisa dilakukan secara terburu-buru, karena semua data yang dimasukan ke pihak keuangan harus diperiksa secara detail dan sesuai dnegan mekanisme sebab ditakutkan salah saat dilakukan pembayaran karena ini menyangkut dengan hak orang,” ujar Kainama.

Pada kesempatan itu Kainama, meminta agar para guru yang menjadi PNS dari tahun 2008-2009 yang belum menerima sisa tunjangan 20 persen agar tetap bersabar

Seperti diberitakan sebelumnya,dipastikan tahun 2013 mendatang, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Ambon berjanji akan melunasi tunjangan guru sebanyak 20 persen yang belum dibayarkan selama tiga tahun.

Pasalnya, pihak Dindik telah mem­buat permintaan kepada bagian keuangan untuk mencairkan anggaran tersebut dan ini sesuai dengan meka­nisme begitupun dengan administrasi lainnya yang diperlukan.

“Kami telah memasukkan per­mintaan kepada bagian keuangan dan administrasi yang diperlukan karena prosesnya ada di situ,” jelas Kadis Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (20/12).

Menurutnya, jika permintaan ter­sebut belum terealisasi, itu dikare­nakan belum ada anggaran yang masuk. Namun pada APBD Perubahan 2013, pihaknya telah memasukkan anggaran tersebut, sehingga dipas­tikan semuanya akan terealisasi dalam ditahun mendatang. “Para guru juga harus mengerti kondisi saat ini, uang mereka itu tidak hilang, tetap akan dibayarkan. Masalah lainnya, ada­lah mendekati akhir tahun ini ba­nyak hal yang harus diselesaikan, namun bukan berarti mengenyampingkan hak para guru,” ungkapnya.(S-21)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon