Daerah ›› Kabupaten Buru Dominasi Juara Festival Qasidah

Kabupaten Buru Dominasi Juara Festival Qasidah


Ambon - Tim qasidah asal Kabupaten Buru mendominasi perolehan juara pada festival seni qasidah bintang vokalis dan kolaborasi tingkat Provinsi Maluku tahun 2012.

Dari dua mata lomba yang diper­tandingkan yakni, bintang vokalis dan kolaborasi tim Kabupaten Buru berhasil menyabet empat juara pertama masing-masing, bintang vokalis remaja putra, bintang vokalis remaja putri, bintang vokalis dewasa putri dan kolaborasi.

Sementara Kota Ambon sebagai juara kedua menyabet dua gelar juara pertama yakni, bintang vokalis anak-anak kategori putri dan bintang vokalis dewasa putra. Disusul Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang merebut satu juara pertama dari cabang bintang vokalis anak-anak kategori putri.

Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Maluku tahun 2012 yang digelar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah (LASQI) Provinsi Maluku diikuti, enam kabupaten/kota yakni Kota Ambon, Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kegiatan Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Maluku tahun 2012 yang digelar di Gedung Asari Al Fatah Ambon berlangsung selama tiga hari yakni dari 10-12 April 2012.

Peserta qasidah asal Kabupaten Buru tampil memukau dan memikat hati warga dan masyarakat Kota Ambon, tak terkecuali para juri terutama salah satu juri dari Jakarta yang juga adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LASQI, Euis Sri Wahjuni.

Ketua DPW LASQI Provinsi Maluku, Retty Assagaff kepada wartawan usai acara penutupan festival seni qasidah tingkat Provinsi Maluku tahun 2012 di gedung Asari Al Fatah Ambon, Kamis (12/4) malam mengungkapkan, dirinya sangat bangga atas perkembangan seni qasidah di Maluku.

Dijelaskan, minat masyarakat untuk seni qasidah di Maluku terutama generasi muda berkembang pesat, sehingga menjadi motivasi dan dorongan bagi DPW LASQI Provinsi Maluku untuk terus meningkatkan pembinaan, agar kedepan Maluku dapat meraih prestasi di tingkat nasional.

“Festival seni qasidah kali ini sangat kompetetif, karena semua peserta dari kabupaten/kota sudah menunjukan perkembangan. Ini menjadi modal dan motivasi bagi kita untuk terus meningkatkan pembi­naan agar anak-anak kita dapat berprestasi lagi dibidang seni qasidah pada tingkat nasional,” ujarnya.

Assagaff meminta, kepada DPD LASQI kabupaten/kota untuk terus melakukan pembenahan dengan mengoreksi kekurangan-keurangan yang ada sehingga ke depan dapat lebih berprestasi lagi.

Lebih jauh katanya, para juara akan dilatih dan dibina untuk selanjutnya mewakili Provinsi Maluku dalam ajang festival seni qasidah tingkat nasional tahun 2012.

Sementara itu, Sekjen DPP LASQI, Euis Sri Wahjuni kepada wartawan mengaku bangga dengan penam­pilan generasi muda Maluku dibi­dang seni qasidah.

“Dengan talenta-talenta yang dimiliki anak-anak Maluku itu, pada festival Seni Qasodah tingkat nasional tahun 2012, anak-anak Maluku akan meraih prestasi yang lebih baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD LASQI Kabupaten Buru, Sukmawati Umasugi kepada wartawan meng­ungkapkan, prestasi yang diraih Kabupaten Buru merupakan kerja keras dari semua pihak baik itu DPD LASQI Buru.

Diungkapkan, pihaknya akan terus meningkatkan pembinaan sehingga kedepan anak-anak di Kabupaten Buru lebih berprestasi dibidang seni qasidah.

Berikut para juara pada ajang festival seni qasidah tingkat provinsi Maluku tahun 2012, bintang vokal anak-anak kategori putra, juara pertama Ode Bermansyah (SBB), kedua Reza M Patty (Kota Ambon), ketiga M Saleh (SBT).

Bintang vokal anak-anak kategori putri, juara pertama Bunga Tuahuns (Kota Ambon), kedua, Iin Nahuma­rury (Malteng), ketiga, Jasbillah Maruapey (Bursel). Bintang vokal Remaja putra, juara pertama Sadam Husein (Buru) kedua, M Saleh Rumfot (SBT) dan juara ketiga, Muklis Kelian (Kota Ambon).

Selanjutnya, Bintang vokal Remaja putri, juara pertama Kamelia Indah (Buru), kedua Sari Saimima (Malteng) dan ketiga, Umi Dahalia (SBT).

Bintang vokal dewasa putra, juara pertama, Yasim Kelian (Kota Ambon) kedua, Alan Mulud (Bursel) ketiga, Ibrahim Lewenussa (Malteng). Bintang vokal dewasa putri, juara pertama, Nur Fitriati (Buru), kedua Annisa S (Kota Ambon) dan ketiga, Siti Amina (SBT).

Untuk kategori kolaborasi yang diiukuti empat kabupaten/kota, juara pertama diraih Kabupaten Buru, kedua Kabupaten SBT dan ketiga Kabupaten Bursel, sedangkan Kota Ambon hanya meraih juara harapan. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon