Daerah ›› Jumlah Saniri Negeri dan BPD akan Dikurangi

Jumlah Saniri Negeri dan BPD akan Dikurangi


Ambon - Pemkot Ambon memastikan akan ada pengurangan terhadap jumlah anggota saniri negeri dan juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap desa/negeri yang ada di  kota ini.

Dimana setiap desa dan negeri paling sedikit memiliki 5-9 ang-gota saniri negeri lengkap terma-suk desa yang memiliki BPD.

“Pemkot perlu jelaskan terjadi perubahan aturan sehingga harus diterapkan di masing-masing desa maupun negeri,” ungkap Sekkot Ambon AG Latuheru ketika membuka rapat reknis pendataan BPD dan Saniri Negeri yang berlangsung di Islamic Center Waihaong Ambon, Kamis (20/2).

Menurutnya, ini merupakan aturan baru yang ditetapkan pemerintah pusat dengan demikian daerah harus menyesuaikannya. Sesuai UU Nomor: 6 Tahun 2014 dan Permendagri Nomor: 110 Tahun 2016 maka, maka aturan ini harus diterapkan di Ambon.

"Jadi paling sedikit 5 orang saniri negeri lengkap dan paling banyak 9 orang, tidak boleh angka genap harus ganjil," tuturnya.

Menurutnya, pemkot juga telah memiliki payung hukum yang mengatur tentang negeri adat, sehingga semua aturan itu akan dipakai untuk penyesuaian nanti. Untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan dapat disosialisasikan ke jenjang paling bawah agar ketika masa periodesasi saniri maupun BPD selesai, ketika dilakukan pengangkatan baru harus mengacu pada aturan yang ada.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon