Kriminal ›› Januari-September, 51 Orang Tewas Akibat Laka Lantas

Januari-September, 51 Orang Tewas Akibat Laka Lantas


Ambon - Pada periode Januari-September 2014, angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, mencapai 238 kasus yang mengakibatkan 51 orang meninggal dunia.

Puluhan korban meninggal itu hampir kebanyakan akibat laka lantas kendaraan roda dua. Dari jumlah laklantas periode ini 131 orang alami luka ringan sebanyak 56 orang luka berat.

“Laka lantas ini  terjadi rata-rata dikarenakan akibat konsumsi miras dan kebanyakan terjadi pada kenda­raan roda dua,” jelas Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Meity Jaco­bus kepada wartawan di Mapolres Ambon, Kamis (16/10).

Jacobus merincikan, untuk keja­dian di bulan Januari sebanyak 34 kasus, meninggal dunia 10 orang, luka berat 10 orang dan luka ringan lima orang, bulan Februari jumlah laka 24 kasus, meninggal enam orang, luka berat 13 orang dan luka ringan lima orang, Maret jumlah kasus laka 36, meninggal enam orang, luka berat enam orang dan luka ringan 24 orang.

Untuk bilan April kasus laka 32, meninggal tujuh orang, luka berat 17 orang dan luka ringan delapan orang. Bulan Mei jumlah kasus laka 32 kali, meninggal empat orang, luka berat 23 orang dan luka ringan lima orang. Juni jumlah kasus laka 15 kali, meninggal tiga orang, luka berat 10 orang dan luka ringan dua orang.

“Sementara untuk kasus laka di bulan Juli itu 19 kali, meninggal empat orang, luka berat 14 orang dan luka ringan satu orang, Agustus 29 kali kejadian laka, meninggal tujuh orang, luka berat 19 orang dan luka ringan tiga orang, September jumlah kasus laka 17 kali, meninggal empat orang, luka berat 10 orang dan luka ringan tiga orang,” rincinya.

Ditambahkan, dengan kejadian ini, diharapkan kepada masyarakat pengguna jalan agar lebih berhati-hati dan tidak ngebut-ngebutan di jalan serta mematuhi aturan lalu lintas guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon