Daerah ›› Jalur Trayek Batu Merah akan Diubah Atasi Kemacetan

Jalur Trayek Batu Merah akan Diubah


Ambon - Untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kawasan pertigaan Batu Merah, Dinas Perhubungan Kota Ambon akan merubah jalur trayek tersebut usai perayaan Idul Fitri.

Menurut pelaksana tugas Kadis Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette, kemacetan selalu terjadi di kawasan pertigaan Batu Merah, tepatnya di Jalan Rijali dan Tulukabessy, karena jalur ini merupakan titik utama masyarakat yang hendak datang dan keluar kota. Karena itu, usai lebaran nanti, jalur jalan Batu Merah Dalam akan dirubah.

“Titik-titik lokasi tersebut selalu menjadi pusat kemacetan, sehingga jalur jalan Batu Merah Dalam dari Jalan Tulukabessy berbelok ke Rijali dan masuk ke Batu Merah Dalam akan ditambah menuju ke Ongkoliong berbelok ke Pandan Kasturi, menuju ke Tantui baru masuk ke Batu Merah,” jelas Plt Kadis Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette kepada Siwalima di Ambon, Senin (11/6).

Dikatakan, laju pertumbuhan kendaraan dari tahun ke tahun terus meningkat, namun tidak diikuti dengan bertambahnya luas jalan. Untuk itu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi kemacetan adalah, jalur trayek angkot Batu Merah harus diubah tidak bisa tidak.

Jika ini tidak dilakukan, lanjutnya, maka setiap hari di kawasan Batu Merah akan terjadi kemacetan, karena kendaraan harus antri untuk memberikan ruang bagi angkot Batu Merah keluar dan masuk di kawasan itu.

“Ini solusi yang harus diambil dan setelah lebaran nanti akan kita coba rekayasa guna mengurangi beban kepadatan kendaraan di jalur ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, kemacetan diakibatkan karena banyak kendaraan yang masih menggunakan bahu jalan sebagai lokasi parkir. Ini juga akan ditertibkan.

Ia menghimbau, kepada pemiliki kendaraan terutama di jalur jalan Tulukabessy dan Rijali untuk tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat parkir.

“Macet selain kerena padatnya kendaraan disebabkan juga dengan kendaraan yang parkir menggunakan bahu jalan, sehingga akan kita tindak tegas,” janjinya. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon