Daerah ›› Investor Saham di Maluku Capai 70,5 Persen

Investor Saham di Maluku Capai 70,5 Persen


Ambon - Berdasarkan data yang dimiliki Bursa Efek Indonesia (BEI) Cabang Ambon, jumlah investor saham di Maluku pada bulan September ymencapai 70,5 persen. Sementara jumlah investor secara nasional sudah menembus angka 600 ribu  investor.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Cabang Ambon Alberto F Dachi menjelaskan, selama tahun 2017, pasar saham Indonesia tumbuh 11%, dimana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada pada kisaran level 5.882.

“Sejak kehadiran BEI di Ambon pada bulan Desember 2016, akses informasi dan edukasi terhadap investasi pasar modal Indonesia semakin mudah bagi masyarakat Maluku melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan BEI dalam mensosialisasikan investasi saham kepada masyarakat,” jelas Dachi kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (12/10).

Menurutnya, hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan investor saham di Maluku yang signifikan, per September 2017, dimana investor di Maluku jumlahnya sudah mencapai 742 investor, jika dibandingkan pada akhir tahun 2016 lalu baru tercatat 435 investor. Tahun ini investor tumbuh sebanyak 307 investor, 70,5 persen.

Angka pertumbuhan investor ini, menunjukan bahwa masyarakat Maluku sangat tertarik untuk berinvestasi di pasar modal sehingga dapat turut merasakan pertumbuhan pasar modal Indonesia. Selain itu, satu hal yang menarik adalah 48% investor saham di Maluku adalah usia muda dibawa 30 tahun.

“Bahkan untuk pertumbuhan investor tahun ini 43% diantaranya masih berprofesi sebagai mahasiswa. Hal ini menunjukan bahwa investasi saham dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dan profesi,” ujarnya.

Dikatakan, hanya dengan modal Rp 100 ribu masyarakat sudah dapat membuka rekening investasi dan dapat langsung berinvestasi saham. Dengan adanya kerjasama BEI dengan beberapa kampus yang ada di Ambon turut memudahkan akses bagi akademisi untuk dapat berinvestasi langsung di pasar modal.

Pasar modal Indonesia kedepan masih sangat berpotensi untuk terus bertumbuh, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ini sudah seharusnya dapat dirasakan juga oleh masyarakat dengan cara ikut berinvestasi di pasar modal. “Semakin mudah dan terjangkaunya akses terhadap investasi, diharapkan investor pasar modal dapat terus bertumbuh khususnya di Maluku,” harapnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon