Daerah ›› Imigrasi Masih Koordinasi Kedutaan Belum Ada Kepastian Deportasi ABK Asing

Imigrasi Masih Koordinasi Kedutaan


Ambon - Imigrasi Kelas IA Ambon sampai sekarang masih terus berkoordinasi dengan Kedutaan Thailand dan Kamboja di Indonesia untuk memulangkan puluhan Anak Buah Kapal (ABK) dari kapal pencuri ikan Century 4 dan Century 7.

Pasca pemusnahan kapal-kapal tersebut, ABK dari dua kapal itu masih ditampung oleh pihak imigrasi, namun belum ada kepastian kapan mereka dipulangkan. Hal ini diakui  Kepala Kantor Imigrasi Klas IA Ambon, Nanang Koesdaryanto saat dikonfirmasi Siwalima,  di Ambon, Sabtu (24/1).

Menurutnya, pihak Imigrasi Ambon hanya bersifat menunggu waktu dan kepastian untuk memulangkan para ABK ini, jika sudah ada kabar dari pihak kedutaan kedua negara.

“Kita masih tunggu saja. Masih koordinasi. Belum ada jawaban waktu. Kita tetap saja menunggu. Kalau sudah oke kita akan pulangkan. Dan nantinya ketika sudah dipulangkan akan saya sampaikan,” janji Koesdaryanto.

Untuk diketahui, Kapal Century 4 (200 GT) dengan nahkoda Thanaphom Pamnisti memiliki ABK 55 orang (28 Thailand dan 17 Kamboja) yang membawa 20 ton ikan campuran.

Sedangkan Kapal Century 7 (250 GT) dengan nahkoda Thong Ma Lapho memiliki ABK 17 orang warga negara Thailand yang membawa 43 ton ikan campuran. Saat ini puluhan ABK kedua kapal tersebut telah diserahkan kepada pihak Imigrasi Ambon untuk diproses lanjut.

Kedua kapal tersebut telah diledakan TNI AL, Minggu (21/12), akibat tertangkap saat mencuri ikan di Laut Arafura, Maluku, 7 Desember 2014 lalu. Kedua kapal berbendera PNG tersebut ditangkap oleh KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 pada tanggal 7 Desember 2014 pukul 08.00 WIT saat menangkap ikan di dalam ZEE sejauh 4 mil laut di sekitar Laut Arafura.

Kedua kapal ikan tersebut, terdeteksi sementara menangkap ikan di Laut Arafura sebelah selatan Merauke di wilayah perairan ZEE Indonesia. Akhirnya sejak diserahkan dari KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 kepada Lantamal IX Ambon pada tanggal 14 Desember 2014, penyidik Lantamal langsung melaksanakan proses hukum lanjutan hingga dikeluarkannya penetapan Pengadilan Negeri Ambon bernomor 01/Pid.Prkn/2014/PN.Amb tanggal 18 Desember 2014 untuk kapal ikan Century 7 dan penetapanPengadilan Negeri Ambon bernomor 02/Pid.Prkn/2014/PN.Amb tanggal 18 Desember 2014 untuk kapal ikan Century 4, yang memberikan izin kepada Lantamal IX Ambon melakukan pemusnahan/penenggelaman barang bukti sitaan dimaksud. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon