Hukum ›› Hasil Olah TKP, Puskud Sengaja Dibakar

Hasil Olah TKP, Puskud Sengaja Dibakar


Ambon - Kebakaran yang terja­di di gedung Puskud, Ja­lan AY Patty Ambon Mi­nggu (8/10) lalu, diduga ada unsur kesengajaan. 

Hal itu terungkap dari hasil olah TKP dan peme­riksaan saksi-saksi yang dilakukan oleh  penyidik Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

“Terkait dengan kasus kebakaran di Puskud, olah TKP sudah dilaku­kan penyidik, dan meme­riksa empat orang saksi, diantaranya tiga karya­wan Toko Grand Elektro­nik dan satu saksi mata. Hasil sementara didu­ga ada unsur kesengajaan,” jelas Ka­sat Reskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Teddy kepa­da wartawan di Ambon, Kamis (12/10).

Namun Teddy belum mau menje­laskan secara detail bukti-bukti du­gaan kesengjaan dalam pembakaran itu, dengan alasan kepentingan pe­nyelidikan.

Ia mengatakan, sampel hasil olah TKP sudah dikirim ke Labfor Maka­ssar, dan pengembangan penyeli­dikan terus dilakukan. “ Sementara ini masih dikembangkan,” ujar Teddy.

Gedung Puskud yang berada di Jalan AY Patty Ambon dilalap api Mi­nggu (8/10) pagi. Dua toko dan satu tempat  pemangkas rambut yang bera­da di lantai 1 gedung tersebut ludes terbakar. Kejadian yang terjadi sekitar pukul 06.10 WIT itu, diduga karena arus pendek. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang diper­oleh Siwa­lima dari kepolisian yang meme­riksa Udin, penjual pulsa di samping Rumah Makan Mie Ayam Jakarta, menyebutkan, saat itu, ia bangun pagi sekitar pukul 06.00 WIT untuk me­naikan bendera Merah Putih, karena ditugaskan oleh pihak Puskud.  Usai menaikan bendera, Udin kembali tidur. Sekitar 10 menit kemudian, ia kaget mendengar teriakan kebakaran.

Lelaki 49 tahun ini langsung berlari keluar dari kiosnya, dan ia melihat kepulan asap hitam tebal dari Toko Grand Eletronik di lantai 1.

Hal yang sama juga dilihat oleh Andi, salah satu tukang ojek yang setiap harinya mangkal di samping Puskud.  Keduanya  lalu bergegas  melapor ke Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon yang letaknya tak jauh dari Puskud. Tak lama kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba.

Enam unit mobil pemadam kebakaran yang dipimpin lang­sung Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin Pattikawa baru berhasil memadamkan si jago merah sekitar pukul 09.20 WIT, dengan dibantu warga warga sekitar. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon