Pendidikan ›› Hari Ini, Unpatti Wisudakan 1.302 Lulusan

Hari Ini, Unpatti Wisudakan 1.302 Lulusan


Ambon - Hari ini, Senin (23/4), Unpatti me­wisudakan 1.302 lulusan sarjana. Wisuda ini akan berlang­sung dalam rapat senat terbuka luar biasa. 1.302 lulusan yang akan di wisudakan terdiri dari 1.161 Sarjana (S1), 26 Profesi Dokter (S1), 111 Magister (S2) dan 4 Dok­tor (S3).

Dalam rilis yang diterima Siwalima Minggu (32/4), Marlon Soplantila selaku Kasubbag Humas Unpatti menjelaskan, pada wisuda sarjana periode April yang bertepatan dengan Dies Natalis ke 55 Unpatti mengusung tema “Membangun Sumberdaya Ma­nusia Berbudaya Kepulauan”.

Tema ini memaknai UNPATTI berada dalam lingkup kondisi geografis Maluku yang meliliki luas laut sekira 92,6 persen dan darat 7,4 persen yang didalamnya terdapat 1.300 lebih pulau besar dan kecil serta lingkungan yang penuh de­ngan sumber daya alam perika­nan dan keanekaragaman hayati yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi untuk dikelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat Maluku.

Wisuda kali ini kata Soplantila sedikit berbeda karena adanya tata kelola organisasi baru dimana kali ini rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka Dies Natalis ke 55  akan di pimpin Ketua Senat Universitas Pattimura Profesor S.E.M. Nirahua yang terpilih pada 22 Maret 2018 lalu.

Pada wisuda kali ini akan hadir Akbar Tanjung, mantan Ketua DPR-RI periode 1999-2004, sekaligus akan menyampaikan orasi dies dengan tema pembangunan politik menuju demokrasi yang mensejah­terakan masyarakat.

Soplantila menjelaskan, Unpatti me­rupakan kampus orang bersau­dara, dimana memasuki usianya ke 55 tahun, telah melalui banyak tan­tangan, namun senantiasa bergerak maju selaras dengan moto Hotu­mese yang menjadikan Unpatti tegar dan terus maju untuk kalahkan tantangan.

Olehnya itu, perjuangan untuk memajukan lembaga oleh  segenap civitas akademika dibawah para pimpinannya yang visioner, meng­hasilkan Unpatti yang memasuki era baru telah  ditetapkannya status baru dari satuan kerja menjadi instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan La­yanan Umum (PK-BLU)  berda­sar­kan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 291/KMK.05/2018 pada  tanggal 29 Maret 2018.  

Dikatakan, dengan penetapan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pola PK-BLU, Umpatti melalui pelayanan prima, profesio­nalitas, akuntabilitas dan transpa­ransi  diharapkan menjadi lembaga yang mempunyai daya saing tinggi menghadapi persaingan global dunia pendidikan tinggi. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon