Pemerintahan ›› Hari Ini, Romy Jadi Caretaker Bupati MTB

Hari Ini, Romy Jadi Caretaker Bupati MTB


Ambon - Hari ini, Senin (17/4) Gubernur Maluku Said Assagaff akan me­lantik Ke­-pala Di­nas Kelautan dan Perikanan Romelus Far Far menjadi Caretaker Bupati Maluku Tenggara Barat.

“Insya Allah jadi pelantikan,” tegas Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (15/4).

Menurutnya, persiapan pelantikan Romy, panggilan akrab Far Far, telah dilaku­kan sejak Kamis (13/4) lalu, undangan telah diedarkan.

“Undangan sudah die­-dar­kan sejak kamis, dan pelantikannya jam 10 pagi di lantai 7,” ungkapnya. Salinan SK Mendagri untuk pelantikan pun sudah ada.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Said Assagaff juga sudah memastikan akan melantik Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Romelus Far Far sebagai Caretaker Bupati MTB.

Ia menegaskan, Far Farmerupakan sosok yang memiliki potensi untuk memimpin masyarakat MTB. Kepemimpinannya di Dinas Kelautan dan Perikanan, menjadi tolak ukur ia diangkat sebagai Caretaker Bupati MTB. Selain itu, Far Farjuga merupakan anak daerah dari Maluku Tenggara.

“Pak Romi Far Farmeru­pakan warga Maluku Tenggara dan punya kompetensi memim­pin pemerintahan daerah,” tandasnya.

Pelantikan Far Farsebagai caretaker akan dilakukan bersa­maan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati MTB Bitzael S Temmar-Petrus Paulus Werembinan, Minggu (16/4).

Gubernur Maluku Said Assagaff sebelumnya telah mengusulkan tiga pejabat kepada Mendagri untuk dipilih dan ditetapkan menjadi Caretaker Bupati MTB.

Ketiga pejabat tersebut yaitu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Romelus Far Far, Kepala Dinas Pariwisata Habiba Saimima dan Kepala Dinas Kehutanan Maluku Sadli Ie.

Masa jabatan Far Far sebagai Caretaker Bupati MTB diperkirakan tak berlangsung lama, karena saat ini KPU setempat telah menetapkan hasil pilkada dan telah mene­ruskannya ke DPRD.

Dijadwalkan dalam pekan ini, DPRD akan mengajukan surat usulan penetapan dan pelantikan bupati dan wakil bupati kepada Mendagri melalui gubernur.

Otomatis pasangan Bupati dan Wakil Bupati MTB terpilih Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly akan dilantik bersamaan dengan bupati/walikota lainnya oleh gubernur Maluku, karena saat ini sudah tidak ada lagi permasalahan. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon