Budaya ›› Hari Ini, Pemprov Maluku Jamu Peserta "Sail Indonesia 2009"

Hari Ini, Pemprov Maluku Jamu Peserta "Sail Indonesia 2009"


Ambon - Dijadwalkan Kamis (6/8) malam nanti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menggelar gala dinner untuk menjamu para peserta "Sail Indonesia 2009".

"Gala dinner tersebut juga akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fredy Numbery dan para gubernur dari ketujuh provinsi kepulauan yang akan dipusatkan di Pasar Ikan Higienis - Tantui," ungkap Sekda Maluku, Ros Far-Far kepada Siwalima usai melakukan pertemuan bersama dengan Komisi IV DPR RI yang melakukan kunjungan kerjanya ke Maluku, di lantai VII kantor Gubernur Maluku, Rabu (5/8).

Dijelaskan, kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan Fredy Numbery dan para gubernur dari ketujuh provinsi kepulauan tersebut dalam rangka melepas para peserta Sail Indonesia-Bunaken 2009 yang akan dilepas dari Ambon Fishing Port menuju Bitung-Sulawesi Utara, Jumat (7/8).

"Selain melepas para peserta Sail Indonesia-Bunaken 2009, Menteri Kelautan dan Perikanan Fredy Numbery juga akan dikukuhkan sebagai kapitan laut Maluku. Pengukuhan tersebut didasarkan pada jasanya terhadap pengembangan bidang kelautan dan perikanan. Itu yang menjadi satu pertimbangan kita. Apalagi kita ini provinsi kepulauan dan kita yang memonitor ini.Jadi tidak salah kita memberikan penghargaan kepada beliau," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, sebagai salah satu program yang telah digagaskan oleh pemprov, maka Gubernur Maluku sebagai promotor yang membentuk provinsi kepulauan, yang saat ini telah menjadi badan kerjasama provinsi kepulauan akan menyampaikan dan mengekspos program provinsi kepulauan yang telah disepakati bersama.

75 Perahu

Sementara itu, hingga tadi malam jumlah perahu layar peserta "Sail Indonesia 2009" yang telah merapat di Ambon Fishing Port-Tantui mencapai 75 perahu layar.

Sebanyak 14 perahu layar baru tiba dan merapat di Ambon Fishing Port-Tantui, Rabu (5/8).
Ke-14 perahu layar tersebut yaitu Flight (Amerika Serikat) dengan skipper James Andrew Gardner, Layaleeta (Australia) skipper Leslie Anthony, Whitsunday Passage (Australia) skipper Joanne Elizabeth, North Star (New Zealand) skipper Mark John, Whitby Less (Australia) skipper Philip John Utber, Troubadour (Inggris) skipper George Stuart Ingram, Tapestry of Ipswich (Inggris) skipper Ian Roger B Bloom, Sisu (Kanada) skipper Timo Juhaini, Bingo (Amerika Serikat) skipper Bryan Kristofor Maher, Vulcan (New Zealand) skipper Mark Stewart Arvidson, Dallandra (New Zealand) skipper Ronald Edward Brady, JJ Moon (Inggris) skipper Barry Warren, Astra (Inggris) skipper Jeremy Charles Hewitt serta Felicity (Australia) skipper Lachlan Hartley Chrisholm Wilson

Sementara itu, sejumlah peserta "Sail Indonesia 2009", Rabu (5/8) mengikuti tour ke sejumlah objek wisata di Pulau Ambon. Objek wisata yang dikunjungi yaitu Benteng, Masjid Wapauwe serta menyaksikan atraksi pukul sapul dari Negeri Morela yang dipusarkan di Negeri Hila, kemudian dilanjutkan dengan melihan pengolahan sagu di Negeri Tulehu.

Para pesert juga menyaksikan atraksi bambu gila di Pantai Hunimua, menyaksikan belut di Negeri Waai serta menyaksikan tarian orlapei dan katreji di Aston Natsepa Resort. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon