Pendidikan ›› Hari Ini, 5.393 Siswa SMA/MA/SMK Se-Kabupaten Malteng Ikut UN

Hari Ini, 5.393 Siswa SMA/MA/SMK Se-Kabupaten Malteng Ikut UN


Masohi - Hari ini, Senin (18/4), sebanyak 5.393 siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akan mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun 2011 secara serempak pada masing-masing sekolah.

"Kita akan membuka sampul ujian di SMK Negeri Masohi, tidak ada acara serimonial seperti tahun-tahun lalu," jelas Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Malteng, Askam Tuasikal pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (16/4).

Dijelaskan, UN akan berakhir pada tanggal 21 April dan pada 25-28 April akan dilakukan ujian susulan hanya khusus bagi siswa yang sakit saja.

Pelaksanaan UN tahun ini, lanjut Tuasikal, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana masing-masing siswa memiliki kode soal yang berbeda.

"Siswa susulan ada dua paket dengan kode yang berbeda pula. cadangan satu paket, di mana soal cadangan itu disediakan bila dalam pelaksanaan ujian mungkin ada siswa yang memiliki soal yang tidak jelas atau narasi yang tidak jelas, maka itu bisa diganti," jelasnya.

Dalam pelaksanaan UN tersebut, lanjutnya, kepala sekolah perlu memberikan pemahaman bagi siswa, agar siswa itu ketika mengembalikan lembaran jawaban harus bisa dicocokan dengan kode soal yang dimiliki.

"Karena bila kode jawaban yang dimiliki siswa dimasukan tidak sesuai dengan kodenya akan merugikan siswa itu nantinya," terangnya.

Tuasikal merincikan, jumlah siswa SD/SMA/MA/SMK yang akan mengikuti UN seluruhnya berjumlah 21.756 orang yang terdiri dari, SD sebanyak 881 siswa, SMP 7.482 siswa dan SMA 5.393 siswa yang tersebar di 14 kecamatan.

"Meskipun kita suda punya 17 kecamatan, tetapi untuk kepentingan UN ini semua masih tercatat 14 kecamatan," Terangnya.

Dari jumlah siswa SMA/SMK sebanyak 5.393 orang siswa, ungkap Tuasikal, SMA Negeri maupun swasta sebanyak 4.289 siswa, MA 591 siswa dan SMK 513 siswa. Sementara untuk SMP 6.277. MTs 1.205 orang siswa.

"UN untuk SMA/MA/SMK dimulai pada tanggal 18 April, sementara UN untuk SMP/MTs dimulai 25 April dan SD pada 10 Mei 2011.

Dikatakan, dirinya telah menekankan bagi seluruh sekolah agar mempertahankan kompetensi, independensi dan ketertiban dalam pelaksanaan ujian nasional tersebut.P enekanan itu, untuk memberikan penguatan kapasitas psikologis bagi para siswa untuk membangun kepercayaan diri serta pengendalian diri.

Untuk pengawasan, tambah Tuasikal, berasal dari Dikpora Malteng dan pengawasan ruang yang melibatkan Unpatti yang dipercayakan sebagai lembaga independen dalam mengawasi UN.

Tuasikal optimis, dengan persiapan ujian yang telah dilakukan pihaknya sejak lima bulan lalu, maka dirinya sangat optimis tingkat kelulusan bisa mencapai 90 persen. (S-24)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon