Pendidikan ›› Hari ini, 46 Siswa SMA Ikut UN Susulan

Hari ini, 46 Siswa SMA Ikut UN Susulan


Ambon - Dipastikan pada hari ini, Senin (11/4) sebanyak 46 siswa SMA/SMK dan sederajat di Kota Ambon yang tidak mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN/UNBK) karena sakit akan melaksanakan ujian susulan yang dilaksanakan secara serentak di sekolah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama menjelaskan dalam UN/UNBK susulan ini materi soal yang diberikan sudah berubah, hal ini dilakukan demi menghindari terjadinya kebocoran soal.

“Untuk proses ujian ulang, sistem pengawasannya sama dengan ujian sebelumnya dan dilakukan secara ketat bagi setiap peserta, demi menjaga kualitas hasil ujian nantinya,” jelas Kainama, kepada Siwalima, di Ambon Sabtu (9/4).

Menurutnya, panitia ujian susulan juga telah menyiapkan materi ujian ulang bagi para siswa, dimana 100% soalnya tidak sama dengan ujian nasional yang sudah berakhir pada 6 April lalu. Berbeda dengan daerah lain yang ada di Maluku, di Kota Ambon kelu­lusan siswa SMA/SMK sangat jarang lulus 100%, karena itu bukan tujuan dari pemerintah.

Hal ini dikarenakan pemerintah menginginkan lulusan itu harus berkualitas, sehingga ketika tamat nantinya, para siswa ini tidak mengalami kesulitan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu setiap siswa yang mengukuti ujian susulan kiranya dapat mempersiapkan diri mereka serta tidak menganggap remeh soal-soal yang akan dikerjakan nantinya.

“Kita optimis para siswa dapat selesaikan dengan baik semua soal yang diberikan dan mereka bisa menyudahi studi selama 3 tahun di SMA/SMK dan dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN/UNBK) pada hari pertama di Kota Ambon berlangsung aman, hanya saja terdapat kurang lebih sekitar 46 siswa tidak mengikuti UN/UNBK dengan alasan sakit.

Siswa yang dinyatakan tidak masuk pada hari pertama antara lain, lima orang dari SMAN 13, enam orang dari SMA Gema 7,  satu siswa dari SMKN 5, dua siswa SMKN 4 sedangkan untuk SMAN 4, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 13, SMAN 14, SMA Maria Mediatrix, SMA Kristen dan SMA PGRI, SMA Al Hilal serta SMA Nurul Iklas  rata-rata dua hingga tiga orang siswa. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon