Daerah ›› Harga Wortel Melambung Tinggi

Harga Wortel Melambung Tinggi


Ambon - Harga wortel di Kota Ambon saat ini semakin tinggi, bahkan mencapai angka Rp 85 ribu/kg. Tingginya harga wortel ini membuat masyarakat selaku konsumen bahkan para pedagang mulai mengeluh. 

Menurut para pedagang kenaikan harga wortel ini, dikarenakan stok yang ada baik pada agen maupun pedagang sudah semakin menipis dikarenakan pasokan dari daerah penghasil seperti Sulawesi Utara maupun Sulawesi Selatan belum juga ada hingga saat ini.

“Untuk komoditi yang satu ini, kita di Ambon masih selalu tergantung pasokannya dari luar ini yakni Manado dan Ujung Pandang, sehingga jika pasokan terlambat baginilah jadinya pasti harganya tetap melambung tinggi,” ungkap Dinda salah satu pedagang sayuran di Pasar Mardika, kepada Siwalima, di lapak miliknya, Jumat (25/9).

Dikatakan, untuk saat ini saja harga wortel ditingkat pedagang eceran di pasar sudah mencapai Rp 85 ribu/kgnya sementara untuk harga ecerannya juga ikut naik yakni, Rp 10 ribu/buah-15 ribu/buah. Padahal harga normalnya itu Rp 18 ribu/kg.

“Kemarin saya beli di agen harganya sudah alami kenaikan dimana mereka jual dengan harga Rp 500 ribu/dos, sehingga kita jual ditingkat pengecer juga harganya ikut naik,” ujarnya.

Menurutnya, dengan kenaikan harga wortel yang cukup fantastis ini, maka sebagian besar padagang sayur yang biasanya menjual wortel mereka lebih milih tidak menjualnya sebab jika dipaksakan juga mereka akan alami kerugian sebab, sepi dari pembeli.

“Kami prediksikan harga wortel ini, akan mengalami kenaikan terus sebab sampai dengan saat ini belum ada kejelasan tentang pasokan yang masuk ke Ambon,” tandasnya. 

Sementara itu, beberapa masyarakat yang ditemui Siwalima di Pasar Mardika yang sering mengkomsumsi wortel mengaku, kenaikan harga wortel ini cukup tinggi dan membuat bingung mereka, sehingga terpaksa niat untuk membeli wortel dibatalkan.

“Saya terpaksa batal beli wortel sebab harganya sangat mahal, dan lagi tidak bisa ditawar,” ujar Ita.

Untuk itu dirinya meminta kepada pihak pemerintah agar menyikapi hal ini, sebab ditakutkan ada permainan yang melibatkan para pedagang sehingga harga wortel melambung tinggi dari harga normalnya. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon