Kesra ›› Harga Sayur dan Cabe Kembali Naik

Harga Sayur dan Cabe Kembali Naik


Ambon - Harga cabe dan sayur di Kota Ambon saat ini kembali mengalami kenaikan yang cukup lumayan signifikan dimana untuk harga cabe dijual Rp 70 ribu/kg sementara sayur dipatok Rp 12 ribu/ikat.

Untuk cabe rawit harganya memang sempat turun dari Rp 70 ribu/kg ke Rp 40 ribu/kg, namun itu hanya bertahan beberapa pekan saja, sebab pada pekan ini kembali lagi ke harga sebelumnya yakni Rp 70 ribu/kg. Selain cabe rawit cabe keriting juga yang semnpat turun pada beberepa pekan kemarin di angka Rp 35 ribu/kg kini mengalami kenaikan menjadi Rp 60 ribu/kg

“Harga cabai memang sempat turun namun kemudian naik lagi. Harga cabe masih tinggi kemungkinan juga dikarenakan kondisi saat ini masih hujan sehingga pengaruhi masa panen,” ungkap Gimin salah satu pedagang cabe di Pasar Mardika saat ditemui Siwalima .

Ia memperdiksikan harga harga ini kemungkinan akan terus bergerak naik dalam beberapa pekan kedepan, mengingat hingga saat ini pasokannya juga semakin berkurang baik itu dari beberapa kawasan di Pulau Seram, maupun yang didatangkan dari Sulawesi maupun Surabaya.

.”Yang kami ketahui, ketika ke distributor ternyata pasokan dari Surabaya, Makassar kosong bahkan dari Seram berkurang bahkan ada distributor yang stoknya habis,” ujarnya.

Untuk cabe pasokan lokal kata dia, memang ada namun itupun tidak cukup untuk memenuhi permintaan konsumen di pasaran. Hal inilah yenga mengakibatkan harga cabe tinggi, bahkan ada distributor lokal juga sering menjualnya ke luar daerah.

Bukan saja harga cabai yang melejit, namun harga sayur juga sama, dimana untuk sayur bayam yang sebelumnya dijual Rp 5 ribu/ikat naik menjadi Rp 12 ribu/ikat,  begitupun untuk sawi, kangkung potong yang sebelumnya Rp 4 ribu/ikat naik Rp 10 ribu/ikat.

“Harga sayur naik terus karena para petani mengaku mereka sering gagal panen, sehingga pengaruhi harga jual juga,” ungkap pedagang sayur Ratna Pattimahu kepadaSiwalima disela-sela keseibukannya menjual dagangannya di Pasar Mardika, Rabu (9/8) .

Sementara itu pantauan Siwalima di Pasar Mardika dan Batu Merah dimana untuk bawang putih dan mereah dari Rp 35 ribu/kg turun menjadi Rp 25 ribu/kilo. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon