Kesra ›› Harga Cengkih Kembali Alami Kenaikan

Harga Cengkih Kembali Alami Kenaikan


Ambon - Harga cengkeh yang belakangan ini berada pada kisaran harga 90 ribu-96 ribu/kgnya kini mengalami kenaikan mencapai Rp 105 ribu/kgnya. Kenaikan harga komoditi yang satu ini membuat para petani cengkeh di Maluku mulai bernapas lega.

Burhan salah satu petani cengkih asal Pulau Buru, yang ditemui Siwalima usai dirinya menjual hasil panen miliknya di pertokoan Batu Merah mengaku, dirinya sangat senang menyambut kenaikan harga seperti ini.

“Kami sangat bergembira sebab harga cengkih sekarang ini naik bertepatan dengan musim panen,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, jika musim panen tiba, harga cengkeh biasanya anjlok, namun kali ini, cukup menggembirakan sebab harganya lumyan tinggi dari biasanya. Kedatangan para petani dari Pulau Buru ke Ambon untuk mengecek langsung harganya sebab kebiasaan para pengumpul saat musim panen mereka selalu bermain harga.

Salah satu pedagang pengumpul, Caca Inang kepada Siwalima juga mengaku, untuk saat ini harga cengkih mulai alami kenaikan dari harga semula Rp90 ribu/kg kini naik menjadi Rp105 ribu/kg.

“Naiknya harga cengkeh ini beru terjadi pada Senin (19/10). Kita prediksikan akan terjadi kenaikan lagi, sebab dalam satu minggu ini saja sudah terjadi perubahan harga sebanyak tiga kali,” ujarnya.

Sesuai dengan informasi yang diperolehnya, tambah Inang, harga cengkeh akan mencapai angka Rp120 ribu/kg. untuk komoditi lainnya, seperti biji pala harganya masih tetap bertahan, hanya saja bervariasi dimana untuk biji pala bundar yang baik dipatok dengan harga Rp 68 ribu/kg, dan kualitas biasa Rp 60 ribu/kg. untuk Fuli Rp 118 ribu/kg, harga ini sedikit menurun dari sebelumnya yakni Rp120 ribu/kg, sementara cokelat juga alami kenaikan dari awalnya Rp 6.500/kg naik menjadi Rp 30.500/kg.(S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon