Kesra ›› Harga Cabe dan Bawang Mulai Bergerak Turun

Harga Cabe dan Bawang Mulai Bergerak Turun


Ambon - Harga dua komiditi yang melejit dalam beberepa pekan ini seperti bawang dan cabe, saat ini mulai bergerak turun.

Untuk cabe rawit yang sebelumnya dijual Rp 90 ribu/kg kini turun menjadi 70 ribu/kg sedangkan bawang merah dari 48 ribu turun menjadi Rp 45 ribu dan bawang putih yang sebelumnya Rp 40 ribu kini turun menjadi Rp 36 ribu/kg.

“Memang untuk bawang dan cabe rawit, saat ini harganya sudah mulai turun disebabkan pasokan yang datang cukup banyak,” ungkap Abu pedagang cabe di Pasar Mardika saat ditemui Siwalima di lapak miliknya Senin (31/7) .

Menurutnya, dengan pasokan yang cukup banyak bisa mempengaruhi harga barang tersebut.

“Kalau pasokan cabe rawit yang kami dapatkan dari petani untuk saat ini sudah mulai banyak dari pada hari-hari kemarin, begitu pun dengan bawang karena ada kapal yang baru saja masuk membawah sejumlah pasokan bawang sehingga harganya sudah mulai bergerak turun,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikemukakan Mutia pedagang lainnya mengaku, harga bawang dan cabe rawit sudah mulai bergerak turun sejak beberapa hari lalu.  Ia berharap, harga kedua komiditi ini terus bertahan hingga masuk bulan Agusutus.

Sementara itu pantauan Siwalima di Pasar Mardika dan Batu Merah, untuk saat ini berbagai harga kebutuhan pokok yang dijual dipedagang masih dalam kondisi normal. Untuk beras bulir Mas maupun tawon masih dijual dengan harga Rp 13ribu/kg, beras Bulog Rp 10 ribu/kg beras dua udang dan WTJ Phinisi Rp 12 ribu/kg.

Gula pasir kristal putih Rp14 ribu/kg, minyak goreng kemasan Rp16 ribu/liter, terigu protein tinggi Rp12 ribu/kg dan terigu protein sedang Rp10 ribu/kg. Sedangkan,  harga daging ayam beku asal Surabaya masih dikisaran harga Rp 32 ribu/kg, daging ayam kampung Rp 75-85ribu/ekor tergantung ukuran dan jenisnya, daging sapi segar Rp 100 ribu/kg. Sementara telur ayam ras juga bervariasi mulai Rp 1.500-Rp1.600/butir,.

 Walaupun harga kebutuhan pokok normal dan harga bawang serta cabe rawit bergerak turun, namun harga ikan di pasaran masih tergolong tinggi yakni untuk ikan cakalang beku berkisar Rp 40-60ribu/ekor tergantung ukurannya, ikan cakalang segar Rp 60- Rp 80ribu/ekor, ikan layang (momar) dan ikan kembung (kawalinya) Rp 20 ribu/lima ekor. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon