Pendidikan ›› Gubernur Wisudakan 364 Lulusan Poltekes

Gubernur Wisudakan 364 Lulusan Poltekes


Ambon - Gubernur Maluku Said Assagaff mewisudakan 364 lulusan Politeknik Keseha­tan Ambon Tahun Akade­mik 2016-2017 di Islamic Center, Selasa (22/8).

Tampil sebagai wisuda­wan terbaik Nunung Fatima Azzahra Jurusan Analisis Kesehatan dengan IPK 3,94.

Gubernur dalam sambu­tannya menegaskan wisuda merupakan bagian dari refleksi keberhasilan penye­lenggaraan pendidikan di sebuah perguruan tinggi.

Namun hendaknya tidak dijadikan semata-mata seba­gai acara rutin yang bersifat seremonial, tetapi lebih dari itu harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan retieksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendi­dikan. mulai dari perencanaan, pe­laksanaan, pemantauan dan peni­laian atas hasil-hasil yang telah di­capai oleh sebuah perguruan tinggi.

“Semoga keberhasilan yang sau­dara raih hari ini menjadi pembuka jalan kesuksesan untuk meraih tu­juan yang di cita-citakan di masa depan,” katanya.

Sebagai orang nomor satu di dae­rah ini, gubernur menyadari kehi­dupan modern di era global semakin komplels, dimana masyarakat akan semakin ketat, tidak ada ruang dan waktu tanpa kompetisi.

“Kita sadari bersama bahwa kehi­dupan modern d era global ini akan semakin kompleks. Masyarakat akan semakin terbuka. tingkat kompetisi akan semakin ketat. Tiada ruang dan waktu tanpa kompetisi. Situasi se­perti ini yang sedang kita hadapi. Oleh karena itu, tingkat kesadaran untuk terus belajar, menambah dan mem­perluas wawasan pengetahuan dan kemampuan serta selalu memperbaiki mutu diri, harus melekat dalam diri kita semua,” ungkapnya.

Ia mengajak seluruh jajaran dunia pendidikan di Maluku untuk terus meningkatkan mutu akademik dan selalu berorientasi ke masa depan.

Apalagi, katanya saat ini Indonesia telah memasuki era pasar bebas Asean yang tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, termasuk tenaga medis di bidang kesehatan.

“Provinsi Maluku juga tidak akan lepas dari dinamika tersebut. Karena itu, semua lulusan di Poltekes Kese­hatan Maluku harus mampu me­nyiapkan kualitas diri, siap berkom­petisi dengan tenaga kerja asing lainnya untuk merebut kesempatan kerja. baik di dalam maupun di luar negeri,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ke­sehatan Maluku Meykal Pontoh mengajak seluruh wisudawan untuk bekerja sama dalam upaya pemba­ngunan kesehatan demi kesejahte­raan Indonesia khususnya di Maluku.

“Saya juga menghimbau agar wi­su­dawan bisa pro aktif dan meng­embangkan kemampuan yang dimi­liki, salah satunya menjadi anggota organisasi profesi. Meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Disisi lain, Direktur Politeknik Kesehatan Ambon Hairudin Rasoko menyampaikan Poltekes merupakan unit pelaksanaan teknis dilingku­ngan Kementerian Kesehatan yang memiliki lima jurusan yakni Kepe­rawatan, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kebidanan dan Analis Kese­hatan serta tiga program studi lainnya.

Adapun 364 wisudawan terdiri dari Perawat 79 orang, Bidan 74 orang, Kesehatan Lingkungan 56 orang, Gizi 52 orang dan Analis Kesehatan 64 orang. Selain itu ada juga 39 orang bidan yang berada di Saumlaki. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon