Politik ›› Gubernur Tegaskan PNS Harus Netral

Gubernur Tegaskan PNS Harus Netral


Ambon - Menjelang pelaksanaan pilkada putaran kedua, yang akan berlangsung 14 Desember, Caretaker Gubernur Maluku Saut Situmorang menegaskan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemprov Maluku untuk netral.

 “Saya meminta kepada semua jajaran PNS untuk memposisikan diri tetap netral karena PNS sesuai dengan peraturan perundang-undangan haruslah netral dalam proses politik dalam hal ini pilkada,” tandas Situmorang, kepada wartawan, di ruang kerjanya, usai melakukan rakor antara Forkopimda dengan KPU, Bawaslu, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Wanita, yang berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (23/11).

Gubernur juga telah meminta Bawaslu agar menetralisasi PNS melalui  kegiatan pengawasan yang rutin  dan ketika ada pelanggaran soal netralisasi PNS itu maka tentunya dirinya sebagai pimpinan daerah pasti mengambil tindakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. “Saya akan bersikap tegas jika kedapatan ada PNS yang tidak netral,” tandasnya.

Dirjen Pemerintahan Umum Kemendagri ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini agar dapat menyambut proses demokrasi pada pilkada putaran kedua sebagai tindaklanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) kemarin dengan arif dan bijak­sana pe­nuh dengan kede­wasaan.

“Mari kita sukses­kan pilkada putaran kedua ini dengan tetap menjaga dan memelihara keamanan, menjaga kedamaian yang sudah kita bangun dengan susah payah dan luar biasa termasuk juga kepada elit-elit politik agar mementingkan kepentingan masyarakat luas jangan karena kepentingan politik semata sehingga mengorbankan kepentingan masyarakat Maluku. Dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” harap mantan Kapus­pen Kemendagri ini.   (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon