Politik ›› Gainau & Obed Belum Lengkapi 17 Persyaratan

Gainau & Obed Belum Lengkapi 17 Persyaratan


Pasangan calkada Kabupaten Aru GAA Gainau-Djafruddin Hamu dan Joseph ‘Obed’ Ba­rends-Eliza Darakay ter­nyata belum melengkapi 17 dari 21 dokumen yang disyaratkan.

Sementara pasanganJohan Gonga-Muin Solgarey hanya belum melengkapi 7 dokumen sedakang Wel­helm ‘Titi’ Kurnala-Azis Goin masih menyisakan 16 doku­men yang belum memenuhi persyaratan.

Akibatnya KPU Kabupaten Aru mengembalikan berkas pen­daftaran keempat pasa­ngan tersebut untuk diper­baiki. Hal tersebut diung­kapkan Komisioner KPU Kabupaten Aru Yos Sudarso Labok ke­pada Siwalima, di ruang ker­janya, Senin (3/8).

“KPU Aru telah mengem­balikan berkas pendaftaran dari keempat pasangan ca­lon bupati dan wakil bupati ke masing-masing tim pe­me­nangan untuk selanjut­nya diperbaiki,” ungkapnya.

Dikatakan, semua pasa­ngan calkada harus meleng­kapi kekurangan berkas pencalonan itu terhitung 4-7 Agustus 2015.

“Dokumen yang harus dilengkapi diantaranya reko­mendasi parpol, KTP, Ijazah, SKCK, Surat keterangan dari pengadilan yang menyata­kan tidak pernah dipidana se­lama 5 tahun, surat kete­rangan dari pengadilan tata niaga yang menyatakan tidak dalam kondisi pailit dan surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba,” katanya.

Sementara itu, ketua KPUD Aru, Vicktor Sjaair ke­tika dihubungi Siwalima me­lalui telepon selulernya, Se­nin (3/8) mengaku semen­tara berada kantor Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) untuk menyerahkan berkas LHKPN.

“Jadi saya minta maaf untuk saat ini tidak bisa di ga­ng­gu dulu, karena saya sementara berada di kantor KPK untuk menyerahkan LH­KPN dari keempat pasa­ngan calon Bupati dan Wakil Bupati Aru,”jelasnya.

Pleno IDI

Sementara itu, tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pro­vinsi Maluku dijadwalkan hari ini Selasa (4/8) akan melakukan rapat pleno  gu­na menetapkan hasil peme­riksaan calkada Kabupaten Aru, MBD dan Bursel.

Hal ini dijelaskan Sekre­taris IDI Maluku, Henderita Tuanakota kepada Siwalima di RSUD Haulussy, Ambon, Senin (3/8).

“Kita usahakan untuk rapat pleno penetapan hasil pe­meriksaan kesehatan para calkada, Selasa (4/8). Total­nya ada 9 pasangan yang terdiri dari Kabupaten MBD (3 pasangan), Bursel (2 pa­sangan) dan Aru (4 pasa­ngan). Tetapi sebelumnya kita akan lakukan terlebih dahulu tes wawancara untuk pasangan yang tertunda dihari kemarin,” jelasnya.

Menurutnya, proses yang tertunda ini dikarenakan pihak IDI Provinsi Maluku se­laku tim pelaksana, mem­beri­kan kesempatan bagi para pasangan calon yang terlambat tiba di Ambon ka­rena masalah transportasi. Seharusnya pemeriksaan kesehatan ini harus selesai Sabtu (1/8).

Ia menjain hasil peme­rik­saan kesehatan para cal­kada akan diserahkan ke masing-masing KPU kabu­paten paling lambat Rabu (5/8).

Sementara itu, berda­sar­kan pantuan Siwalima, pada hari ketiga tes kesehatan di RSUD Haulussy, terlihat pasa­ngan Barnabas Orno-Benjamin Noach akan mengikuti tes kesehatan sama seperti pasangan calkada lainnya.

Sementara pasangan Welhelm ‘Titi’ Kurnala-Azis Goin diperbolehkan oleh tim IDI untuk mengikuti tes wawancara Senin (3/8) pagi jam 08.20 WIT, setelah itu barulah pasangan ini mengikuti tes kesehatan.

Sebelumnya, pasangan Titi-Azis telah mengikuti tes kejiwaan, Sabtu (1/8) dari jam 15.00 - 17.30 WIT.

Selain itu, pasangan calon Wakil Bupati Kepulauan Aru Eliza Darakay juga tampak mengikuti tes kesehatan Senin (3/8). (S-25/S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon