Kesra ›› Ekonomi Maluku Triwulan II Tumbuh 2,99 Persen

Ekonomi Maluku Triwulan II Tumbuh 2,99 Persen


Ambon - Pertumbuhan ekonomi Maluku pada triwulan II tahun 2015, tumbuh sebesar 2,99% dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I dikarenakan perekonomian Maluku triwulan ini yang diukur berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga yang berlaku mencapai Rp. 8,51 triliun.

Kabid Neraca Wilayah dan Analisis Statistik pada BPS Maluku Erhard V Hatulesila menjelaskan, berdasarkan sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 7,48%,

“Kalau untuk pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintahan yakni sebesar 4,81%,” ungkap Hatulesila kepada wartawan di kantor BPS Maluku, Rabu (5/8).

Selain itu, kata Hatulesila, ekonomi Maluku triwulan II tahun ini juga bila dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2014 tumbuh sebesar 5,80% melambat bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 7,43%.

“Untuk ekonomi Maluku pada triwulan II tahun ini alami pertumbuhan positif 2,99% bila dibandingkan triwulan sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, dari sisi produksi, disebabkan oleh pergerakan pertumbuhan  dengan kategori jasa pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib. Untuk kategori transportasi dan pergudangan, yang mengalami pertumbuhan posifit berturut-turut sebesar 7,48%, 6,91% dan 4,66%.

Sementara untuk sisi pengeluaran, disebabkan oleh komponen konsumsi pemerintahan sebesar 4,81%, pengeluaran rumah tangga 1,32% dan pembentukan modal tetap bruto 2,09%. (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon