Visi ›› Efisiensi anggaran

Efisiensi anggaran


Efisiensi anggaran memang sangat perlu dan dibutuhkan, tetapi efisien untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya serimonial yang tidak membawa dampak positif terhadap masyarakat, dan tidak efektif yang justru menguras anggaran.

Efisien juga perlu dilakukan terhadap pengeluaran belanja pegawai yang dinilai terlalu besar dan membengkak, dimana orentasi anggaran sudah harus lebih banyak diarahkan pada peningkatkan sumber daya manusia (SDM), program pemberdayaan. pelayanan Kesehatan maupun  pendidikan maupun penangganan bencana.

Pemerintah Kota Ambon sudah harus memikirkan langkah yang tepat dalam mengelola penggunaan anggaran daerah yang sifatnya lebih kepada kepentingan rakyat. dan bukan sebaliknya memperbanyak kegiatan serimonial yang justru tidak berdampak pada rakyat.

Catatan kritis dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Ambon, agar Pemkot lebih membatasi kegiatan serimonial dalam rangka efisiensi anggaran, merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, dan bukan sebaliknya dianggap sepele.

Pemkot Ambon harus mampu melakukan langkah-langkah penghematan dengan cara melakukan efisien pada belanja barang dilingkup Pemkot  atau sebaliknya melakukan evaluasi dengan tepat dan bijak sektor-sektor mana saja yang perlu dilakukan efisien anggaran.

Efisien anggaran memang perlu dilakukan tetapi harus mengutamakan manfaat dan oleh karena itu harus menjadi ukuran yang paling penting, selain juga melihat apa yang menjadi prioritas.

Jika Pemkot Ambon sudah mulai melakukan langkah terobosan seperti ini maka dengan demikian upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan terwujud, karena anggaran lebih banyak ditujukan pada program-program pro rakyat dan memiliki dampak positif bagi kepentingan rakyat.

Keberpihakan anggaran pada bidang pendidikan maupun kesehatan harus jadi perhatian serius. Hal ini penting, agar SDM Kota Ambon tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan dengan baik harus dibantu dengan anggaran. Karena masih banyak masyarakat yang harus putus sekolah. Data-data itu yang harus dimiliki oleh Pemkot Ambon khususnya Dinas Pendidikan, sehingga anak-anak yang belum mengecap pendidikan dengan baik dapat dibantu dengan anggaran. 

Kita tentu saja berharap, dengan efisiensi anggaran yang dilakukan oleh Pemkot Ambon  itu mampu menekan tingkat kemiskinan, menurunnya angka buta hutuf karena prioritas anggaran lebih berpihak pada rakyat atau pro rakyat. (*)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon